PORTOFOLIO MEMBACA XI MIPA 3 BULAN AGUSTUS


1.         Aida Shofiyya Muyassari (Misteri Kunci Negeri Cermin)(49)
Buku ini bercerita tentang sebuah negeri yang dihuni oleh makhluk-makhluk aneh yang sedang merencanakan sesuatu yang berbahaya. Sementara di bumi terdapat empat anak yang terpilih untuk masuk ke negeri tersebut.
2.         Amelia Noormufida Widya Hartanti (Hyouka)(108)
Di SMA Kamiyama Klub Sastra Klasik sudah hampir ditiadakan karena tidak ada peminatnya, namun Oreki Hotaro ini memiliki amanah untuk meneruskan Klub Sastra Klasik oleh kakaknya ditemani oleh sahabat yang bernama Satoshi, kemudian bergabungnya Chitanda Eru ke dalam klub tersebut membuat Oreki Hotaro malas untuk membalas suatu pertanyaan Chitanda tentang rasa penasaran yang tinggi mengungkapkan sejarah terbentuknya Klub Sastra Klasik ini hingga membahas 33 tahun kejadian silam yang membuat Oreki Hotaro ini mengeluarkan banyak energi padahal mottonya sendiri "Kalau tidak butuh dikerjakan, lebih baik tidak dikerjakan. Kalau harus dikerjakan sebisanya saja." Dan Hyouka ini sendiri adalah buku antologi yang dibuat oleh Klub Karya Sastra sendiri yang berseri, dan mulai terkuak oleh mereka masing-masing dari seri antologi tersebut, mulai dari laboratorium geografi, laboratorium kimia, hingga perpustakaan SMA Kamiyama yang pustakawannya sudah tua, merekapun bertanya kepada beliau dan menelusuri beberapa hubungannya dari yang beliau ceritakan.
3.         Anindita Al Ayyubi (Bad Girl In Pesantren) (64)
Buku Ini menceritakan seorang anak perempuan yang bernama Tiffany,seorang anak yang super bandel,keras kepala dengan masalah yang sering diperbuatnya,tak disangka dimasukkan oleh bundanya ke sebuah pondok pesantren,belum saja seminggu masuk sudah berani membuat masalah dengan senior.Tetapi disana ia menemukan teman baru yang bermacam-macam,ada yang baru dikenal,ada yang ternyata mantan pacar sepupunya,Saat masalah yang sering dibuatnya biasanya bunda Tiffany yang datang menemui ustadzah,namun kali ini beda,karena sekarang yang datang adalah Ayahnya.Tiffany merasakan keanehan terhadap orang tuanya,terutama bundanya,ternyata setelah ditelusuri bundanya mengidap penyakit diam diam dan Akhirnya meninggal,Tiffany pun yang diberi tahu lewat telefon oleh kakak-kakaknya,Langsung tidak percaya,dan menangis sejadi-jadinya,Mengapa Tiffany kecewa?Karena Tiffany blom Bisa buat bundanya bangga terhadap dirinya.
4.         Athaya Helia Untari (The Joker's Secret) (63               )
Buku ini bercerita tentang 5 orang sahabat, setiap orang mewakili sehelai kartu. Dixy adalah seorang siswa kelas 8. Ia bersabat dengan Ryo, Gilang, Ben, Karina, dan Langit. Suatu hari Dixy bertemu seorang lamanya, Liona. Dahulu Liona adalah pembully Dixy, dan sekarag ia dibully gengnya sendiri. Hari itu membuka Jack's Secret, di mana Liona ternyata adalah kakak dari Langit.
5.         Berliana Venus Azizia (Harry Potter and The Blood Prince) (65)
Buku ini menceritakan tentang sebuah sekolah sihir yg bernama Hogwards.Perdana menteri dibuat kebingungan karena sekolah ini sedang diteror.Setelah dicari cari penyebabnya terungkaplah pelakunya yang merupakan penyihir tidak terkalahkan dan kuat.Kemudian sang perdana menteri dan juga Fudge, mantan menteri sihir menunjuk salah satu siswa yang bernama Harry Potter yang terkenal dengan kepintaranya untuk mencari pangeran berdarah campuran dan membantunya mengalahkan penyihir jahat yang telah meneror sekolahnya.
6.         Dhiyaa Fatin No Novika 'aini (Negeri 5 Menara) (53)
Alif adalah seorang anak sederhana yang baru saja lulus SMP di Maninjau. Bersama sahabatnya Randai, Alif ingin melanjutkan SMA di kota Bandung dan kemudian masuk ke Kampus idamannya, ITB. Namun mimpi tinggal mimpi ketika Amaknya menginginkan Alif untuk masuk ke Pondok Madani, sebuah pesantren di sudut Ponorogo, jawa Timur. Walau pada awalnya Alif tidak mau, akhirnya Alif memenuhi pinta orang tuanya, walau dengan setengah hati. Saat Alif tiba di Pondok Madani bersama Ayah, hatinya makin remuk. Tempat itu benar-benar makin ‘kampungan’ dan mirip penjara di matanya. Ditambah lagi dengan keharusan mundur setahun untuk kelas adaptasi. Alif menguatkan hati untuk mencoba menjalankan setidaknya tahun pertama di Pondok Madani ini. Awalnya, Alif lebih sering menyendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, Alif mulai bersahabat dengan teman-teman satu kamarnya, yaitu Baso dari Gowa, Atang dari Bandung, Said dari Surabaya, Raja dari Medan, dan Dulmajid dari Madura. Mereka berenam selalu berkumpul di menara masjid dan menamakan diri mereka Sahibul Menara alias para pemilik menara. Suasana kian menghangat di kelas pertama, saat Alif disentak oleh teriakan penuh semangat dari Ustad Salman: Man Jadda Wajada! Artinya, Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. “Mantra” ini lah yang menambah semangat dan kegigihan keenam anak itu. Para sahibul menara selalu berpikir visioner dan bercita-cita besar. Mereka masing-masing memiliki ambisi untuk menaklukan dunia. Dari tanah Indonesia, Amerika, Eropa, Asia hingga Afrika. Dibawah menara Madani, mereka berjanji dan bertekad untuk bisa menaklukan dunia dan mencapai cita-cita dan menjadi orang besar yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.
7.         Dyah Aulia Wahyuningtyas (Chicken Soup for the Soul: Doa-doa yang Terkabul) (85)
Buku ini berisi tentang 101 kisah inspiratif tentang keajaiban doa dan kekuatan doa. Melalu kisah-kisah yang ada pada buku ini, mengingatkan saya agar senantiasa berdoa dan berharap kepada Allah, sesulit apapun keadaan kita, hal pertama yang harus kita lakukan adalah berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan. Dengan berbagai konflik pada buku ini, mengajarkan saya agar tetap berdoa agar harapan dan keinginan kita terkabul, semustahil apapun itu di mata orang lain, akan menjadi sesuatu yang mudah di mata Allah apabila kita yakin dan tulus berdoa kepadaNya.
8.         Inaz Avriliana (Ghost Dormitory) (88)
Buku ini bercerita tentang Nany, seorang remaja yang dibenci oleh ibunya sendiri karena dituduh membunuh keempat adiknya, lalu ayahnya mengirim Nany ke Asrama Erly dan di sana ia mengalami banyak kejadian mistis.
9.         Kailla Zayyan (Koala Kumal) (41)
Buku tersebut menceritakan tentang masa kecil Raditya Dika. Ibunya tidak suka ia bermain video game di rumah, sampai akhirnya ibunya menyuruhnya untuk bermain keluar rumah bersama dengan teman sekompleknya. Bahri dan Dodo adalah teman sekompleknya. Awalnya mereka berteman baik, mulai dari jalan-jalan bersama, tidur-tiduran di atas mobil tetangga, sampai akhirnya mereka memutuskan pertemanan karena salah satu dari mereka egois.
10.     Marcelia Sekar Ageng Perdana (Tentang kamu) (84)
Seorang pengacara bernama Zaman Zulkarnaen menangani sebuah kasus besar yang menyangkut seorang wanita pribumi yang dikabarkan telah wafat di Prancis, bernama Sri Ningsih yang ternyata memiliki warisan sebesar 1 miliar poundsterling atau jika dirupiahkan 17 triliun rupiah tanpa adanya surat wasiat dan tidak diketahui siapa ahli warisnya. Karena hal itu, Zaman harus menelusuri kehidupan Sri Ningsih. Ia kemudian pergi ke Prancis, ke panti jompo tempat Sri Ningsih meninggal. Aimée, seorang petugas panti yg tidak tahu menahu tentang warisan Sri Ningsih tersebut terkejut, kemudian memberikan Zaman diary dari Sri Ningsih. Berdasarkan informasi dalam diary, Zaman pergi ke Pulau Bungin di Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Sumbawa. Di sana Zaman mencari orang-orang yang tinggal di Pulau Bungin pada tahun 1940-an. Setelah pasrah, Zaman ditemani oleh supirnya, La Golo, bertemu dengan seorang pak tua bernama Ode menceritakan kisah Sri Ningsih tersebut. Orang tua Sri Ningsih bernama Nugroho dan Rahayu yang merupakan pendatang di Pulau Bungin tahun 1944. Singkat cerita, Rahayu meninggal setelah perjuangannya melahirkan Sri Ningsih berakhir. Sejak lahir Sri Ningsih sudah piatu dan dirawat oleh keluarga Ode ketika Nugroho sedang pergi melaut. Saat Sri Ningsih berusia 8 tahun, Nugroho menikah lagi dengan seorang wanita Bungin yang cantik bernama Nusi Maratta. Awalnya semua terlihat indah, namun sesuatu yang memilukan terjadi dan Nusi Maratta berubah membenci Sri Ningsih sampai tega memanggilnya "anak kecil yang dikutuk".
11.     Mutsana Ahda Mumtazah (Pergi) (50)
Buku ini berisi tentang konflik antar delapan keluarga penguasa shadow_economy, salah satunya konflik yang terjadi di bab awal yaitu perebutan salah satu teknologi mutakhir yang telah didanai oleh perusahaannya Bujang (tokoh utama).
12.     Najwa Aulia Prasetya Wardhani (Mukena untuk Bunda) (49)
Buku ini bercerita tentang seorang anak miskin yang baik hati dan berbakti kepada ibunya. Dia ingin membelikan ibunya sebuah mukena karena mukena milik ibunya sudah kusam. Ia menabung uang jajannya dan akhirnya ia berhasil membeli sebuah mukena putih dan dipakai oleh ibunya saat hari raya Idul Fitri.
13.     Nasywa Fauziya Syahadah  (La tahzan for women) (               45)
Buku ini membahas risalah untuk para muslimah untuk jangan bersedih, karena di dunia ini pasti akan merasakan kesedihan, dan dri kesedihan itu pasti akan datang masa senang atau bahagia,  dari kesedihan yang dirasakan maka kita sebagai muslimah harus bersabar karena,Allah itu mencintai kaumnya dengan cara mengujinya terlebih dahulu. Maka kita sebagai muslimah jika merasakan kesedihan jangan berlarut2 dalam merasakan kesedihan karna Allah ingin menguji keimanan kita melewati ujian kesedihan yang Allah kasih kekita.
14.     Nidhia Najla Nariswari (Hafalan Salah Delisa) (278)
Buku ini bercerita tentang delisa, gadis periang yang tinggal di Lhok Nga, di pesisir pantai Aceh. Buku ini bercerita tentang tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004. Delisa adalah gadis periang, seorang bungsu dari 4 bersaudara. Abi nya bekerja di kapal tanker, sementara umi nya ibu rumah tangga. Pada tanggal 26 Desember 2004, saat itu delisa sedang melakukan tes shalat, kemudian terjadi gempa yang cukup dahsyat. Orang orang sudah panik, dan berhambur keluar ruangan. Saking khusyuknya, Delisa tidak merasakan gempa, sampai kemudian tsunami menerjang sekolah Delisa. Abi nya yang sedang berada di kapal tanker panik ketika mengetahui bahwa di aceh terjadi tsunami, langsung pulang menuju Aceh. Delisa berhasil ditemukan oleh Prajurit Smith dalam keadaan hidup, walaupun harus kehilangan satu kaki nya yang harus di amputasi karena adanya pembusukan akibat luka yang parah. Setelah pencarian yang cukup panjang, akhirnya Abi berhasil menemukan Delisa. Delisa bahagia bertemu dengan abinya, walaupun sedih mendengar berita kematian umi beserta 3 kakaknya. Di tengah tengah kesedihan Delisa karena kehilangan kakinya, dan kesedihan warga Aceh lainnya, Delisa tetap tersenyum dan menebarkan kebahagiaan. Delisa berusaha untuk ikhlas menerima apa yang telah ditakdirkan Allah kepadanya.
15.     Putri Alifah Mustarifah  (Mimpi Suci di Balik Jeruji Besi) (55)
Buku ini menceritakan tentang penjelasan hikmah mimpi, jenis-jenis mimpi, keadaan mimpi, mimpi orang sholeh, mimpi penulis dan saudara-saudaranya seperti saat mimpi bertemu Rasulullah saw., tentang jihad fii sabilillah dan sebagainya.
16.     Qori 'aina Tadzkia (Ayahku (bukan) pembohong)
Buku ini menceritakan tentang seorang ayah yang memiliki pengalaman dan perjalanan yang luar biasa pada masa mudanya. Namun, anaknya yang bernama Dam menganggapnya terlalu luar biasa bahkan mustahil. Cerita ini ia bagikan kepada anaknya tentang perjalanan tersebut tidak bisa ditemukan sumbernya. Internet, buku buku di perpustakaan umum dan pengetahuan orang lain pun tidak bisa dimelacak lokasi atau kejadian cerita tersebut. Berbagai kisah luar biasa telah ia ceritakan. Cerita cerita itu pada awalnya dipercayai oleh Dam. Tapi seiring bertambahnya usia Dam, ia menganggap cerita tersebut bohong. Saat Dam berusia lima belas taun, ia di sekolah kan di Akademi Gajah. Sebuah sekolah yang namanya ia tidak kenal, tapi di sini ia malah menemukan sebuah buku unik di perpustakaannya tersebut. Buku itu sangat usang, tapi berisi  kebenaran tentang cerita cerita ayahnya. Pada tahun terakhir ia menempuh belajar di Akademi Gajah, ibunya meninggal karna sakit.
17.     Salma Ali Al Jundi    (the abc murders) (58)
Buku ini menceritakan tentang kisah seorang detektif bernama hercule poirot. Dalam buku ini terdapat kasus pembunuhan yang disebut pembunuhan abc. Disebut seperti itu karena inisial korban yang berurutan dari a lalu b dan kemudian c. Namun karena suatu alasan sang pelaku mrlakukan pembunuhan keempat yaitu pembunuhan d. Poirot terus menyelidiki dangan caranya yang aneh, dan terus menginterogasi orang-orang terdekat korban. Hingga akhirnya sang pelaku pun tertangkap.
18.     Shabrina Azadirach Putri (Kehidupan Abadi Henrietta Lacks                ) (129)
Buku ini mengisahkan tentang seorang wanita berkulit hitam bernama Henrietta Lacks. Beliau didiagnosis mengidap penyakit kanker serviks saat kehamilan anak terakhirnya. Karena berkulit hitam, pengobatan Henrietta pun sering diabaikan oleh pihak kedokteran. Hingga akhirnya tumor di tubuh Henrietta diambil dan beliau terbebas dari kanker. Namun, beberapa tahun kemudian, beliau merasakan adanya tumor yang kembali. Setelah diperiksa, ternyata sel kanker Henrietta memang kembali tumbuh dan lebih ganas dari sebelumnya. Kanker ini tidak hanya menyerang serviks, tapi juga ginjal, paru-paru, dan organ lainnya. Henrietta pun dijadikan percobaan untuk mengambil jaringan yang terkena sel kanker. Sel kanker di tubuhnya diambil saat dioperasi dan dikembangbiakkan di laboratorium. Henrietta Lacks meninggal karena penyakitnya, dan sampai sekarang, sel kanker nya masih terus hidup dan digunakan sebagai sumber penelitian. Sel beliau merupakan percobaan pertama yang berhasil, dan menjadi langkah besar di dunia kedokteran mengenai kanker
19.     Ukhti Alifah Aulia Rakma     (Bumi)  (16)
Buku tersebut menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Raib. Tak seperti anak biasanya, ia mempunyai hal yang terduga dalam hidupnya. Sesuatu yang tak akan terpikirkan oleh orang awam. Ya, dia mempunyai sebuah keajaiban, menghilang. Menghilang dalam artian benar-benar menghilang. Tak ada yang tahu tentang keajaibannya dan itu bermula saat dia berumur dua puluh dua bulan.
20.     Wahyu Intan Putri Rambiati (It's Not About The Shark) (34)
Buku ini berisi tentang kumpulan beberapa kisah motivasi dari beberapa tokoh salah satunya adalah sutradara film The Jaws yaitu Steven Spielberg yang hampir gagal dalam pembuatan filmnya yang bertemakan ikan hiu tersebut karena hiu imitasi yang ia gunakan rusak, namun ia berhasil menemukan solusi dan bangkit sehingga filmnyapun sukses dan bahkan mendapat banyak penghargaan.
21.     Yasmin (Keluarga Cemara)
Ada sebuah keluarga kaya yang tinggal d kota memiliki 2 anak, keluarga tersebut seketika jatuh miskin dan harus pindah ke kampung,karena kedua anaknya tidak terima dan tidak nyaman tinggal di kampung orangtua mereka awalnya berbohong bilangnya tinggal di kampung hanya sementara karna rumah di kota sedang di renovasi lama kelamaan anaknya tau krna ayahnya pindah provinsi menjadi tukang ojek dan suatu ketika krna orangtuanya ingin anaknya senang trs orangtuanya ingin menjual rumah di kmpung dan kontrak rumah di kota tetapi lama kelamaan anaknya mengerti kondisi kedua orang tuanya ibunya yang sedang hamil tua dan ayahnya yang harus bekerja keras lalu kedua anaknya sadar dan akhirnya mereka tetap tinggal di kampung dan nyaman
22.     Yumna Maulida Sari (Of Mice And Men ( tikus dan manusia )) (54)
Lelaki pertama bertubuh kecil dan gesit, wajah gelap dengan mata gelisah,berwajah tajam, hidung kecil dan kurus yg bernama George. Lelaki kedua bertubuh besar dengan mata besar pucat dan ber bahu lebar dan ia mempunyai sifat seperti anak kecil. keduanya memakai celana, jaket jins dan memakai topi hitam dan membawa gulungan selimut disampirkan di bahu yg bernama Lennie. Kedua lelaki itu sedang dalam perjalanan menuju ke peternakan baru nya karena sebelum nya mereka kerja di peternakan di Weed, dalam perjalanan nya mereka menggunakan bis dan mereka ditengah2 perjalanan supir bis tsb menyuruh mereka untuk turun padahal perjalanan msh 15 km lebih akhirnya mereka memutuskan untuk berjalan dan berisitirahat dahulu semalam di tengah2 hutan. Lennie sangat suka menyimpan tikus mati dalam perjalanan tsb ia menyimpan tikus mati yg blm diketahui oleh si george, akhirnya George pun mengetahui dan menyuruh lennie untuk membuangnya dengan berat hati lennie pun menurutinya, pagi pun tiba mereka berdua melanjutkan perjalananya, sampailah mereka di tujuan. Baru beberapa hari mereka sudah tidak suka dengan perilaku anak dr bos mereka tetapi mereka cukup sabar dan akan cepat2 keluar setelah mendapatkan gaji pertamanya.
23.     Zenial Istigfarin (Kelalawar Wibeng) (89)     
Aktavia adalah seorang santri yang ingin berdakwah dengan cara masuk ke SMU yang terkenal berandalan di kotanya. Wibeng adalah julukannya, kepanjangan dari Widya Bangsa. Rintangan dakwah yang bermacam-macampun dilaluinya. Mulai dari ahklak teman-temannya terhadap guru, hinggga serangan virus merah jambu. Akta pun hampir menyerah dalam dakwahnya. Namun, teman-teman di pesantrennya selalu ada untuk menguatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar