Teks Eksplanasi tentang Sampah


Sampah merupakan suatu benda yang sudah tidak dimanfaatkan lagi. Keberadaannya sangat mengganggu kesehatan masyarakat di sekitarnya. Sampah terbagi menjadi 2 jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampak organik adalah sampah yang mudah terurai oleh bakteri. Contoh dari sampah organik seperti sayuran, daun yang kering, dan makanan yang sudah bekas. Manfaat dari sampah organik yaitu sebagai pupuk kompos atau pupuk bagi tumbuhan. Sedangkan sampah anorganik adalah jenis sampah yang sulit  diuraikan. Contohnya adalah plastik, botol kaleng dan sejenisnya. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi keberadaan sampah organik,salah satunya yaitu dengan diolah atau didaur ulang. Benda-benda tersebut bisa dimanfaatkan menjadi barang yang mempunyai nilai jual tinggi.
Sampah merupakan salah satu fenomena yang  sering ditemukan di sekitar lingkungan masyarakat. Pada mulanya sampah berserakan di sekitar kita. Kemudian sampah itu menimbulkan berbagai macam dampak yang dapat kita rasakan. Contohnya yaitu tanah longsor, banjir, dan sumber penyakit.
Sampah yang terus dibiarkan akan menumpuk dan bisa menimbulkan sesuatu yang tidak enak.  Sehingga udara di sekitar kita akan tercemar dan menimbulkan berbagai jenis penyakit yang cukup mematikan seperti muntaber dan DBD.
Selain itu sampah juga bisa menimbulkan berbagai macam bencana bencana alam yang besar seperti, tanah longsor dan banjir. Sampah yang menumpuk di  sungai, semakin lama bisa membuat aliran sungai menjadi terhambat. Seiring berjalannya waktu, air sungai tersebut akan meluap. Akibatnya apabila air sungai tersebut meluap, maka akan menyulitkan kegiatan sehari-hari warga di sekitar sungai.
Bila kita mempunyai kebiasaan membuang sampah secara sembarangan maka akan menimbulkan berbagai macam dampak buruk. Maka dari itu, sebagai makhluk sosial yang memiliki keinginan untuk sejahtera, marilah bersama-sama menjaga lingkungan yang berada di sekitar kita.
Yaitu bisa dimulai dengan melakukan suatu tindakan kecil, dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Untuk sampah organik bisa kita olah menjadi kompos atau pupuk organik bagi tumbuhan. Sedangkan untuk sampah non-organik bisa kita olah kembali menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi.

Anggota :
1.     1.   Kailla Zayyan Ardian
2.     2.   Nidhia Najla Nariswari
3.     3. Putri Alifah Mustarifah
4.    4.  Ukhti Alifah Aulia Rakhma
5.    5.  Yasmin
6.    6.  Yumna Maulida Sari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar