Cara Mengelola Keuangan Untuk Anak Sekolah

 


7 tips mengelola keuangan supaya di masa depan nanti kamu lebih gampang meraih apa yang diinginkan.


1. Membuat Rencana Keuangan

Buatlah rencana keuangan per minggu atau per bulan supaya uang yang masuk dan keluar dari dompetmu bisa terpantau.


2. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Terkadang kita tergoda membeli sesuatu yang diinginkan, bukan yang dibutuhkan. Tetapi disini kita harus benar benar membedakan mana yang lebih penting dan mendesak dan mana yang kurang penting atau sekedar untuk hiburan. 


3. Membuat Rekening Tabungan

Menabung adalah cara yang umum dilakukan oleh mereka yang pandai mengelola keuangan. Kalau belum punya rekening tabungan nggak ada salahnya bikin ke bank. 


4. Disiplin

Dijamin deh, kamu bakal sulit mengatur keuangan tanpa kedisiplinan. Mau seketat apapun rencana keuangan yang sudah kamu buat, bakal sia-sia kalau kamu terus melanggarnya. Disiplin artinya mematuhi prinsip keuangan mu dan nggak gampang tergoda menghabiskan uang untuk hal yang tidak dibutuhkan.


5. Lebih Menghargai Uang Sekecil Apapun


Orang sukses adalah orang yang menghargai uang. Buat anak sekolah, menghargai uang bisa diekspresikan dengan menyisihkan uang jajan, ngumpulin uang receh, dan mencari pekerjaan sambilan.


6. Mencari Penghasilan Tambahan

 Jika punya penghasilan tambahan, pasti kamu juga bakal lebih bijak mengelola keuangan. Lebih dari itu, kamu bisa dapetin pengalaman kerja sejak dini yang tentunya bakal berguna untuk masa depanmu nanti.


7. Jangan Lupa Sedekah

Ingat, yang paling penting adalah sedekah. Sedekah itu perlu, nggak terkecuali untuk anak sekolahan. Sedekah juga bisa jadi cara agar kamu belajar untuk tidak sombong dan serakah.


Itu dia 7 cara mengelola keuangan untuk anak sekolah

 

Nama : Anindya Salma Nurulisa 

Kelas : XI IPS 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar