Cara Membuat Dalgona Coffee

 Nama   : Nisrina Zahwa Arsinta

Kelas   : XI MIPA 5

Cara Membuat Dalgona Coffee

Dalgona coffee merupakan kopi yang viral akibat social distancing pada awal munculnya Covid-19. Banyak orang yang menyebarkan cara membuat kopi ini melalui media sosial. Ketika semua orang takut keluar rumah, munculah ide untuk berkreasi dengan membuat dalgona coffee. Tidak butuh waktu lama, minuman ini langsung viral dan diikuti banyak orang.
 

Dalgona Coffee merupakan perpaduan kopi dan susu yang terlihat elegan karena visualisasi minumannya. Apa yang membuatnya menarik adalah ketika ada beberapa orang yang gagal membuat minuman ini. Hal ini membuat banyak orang ingin mencobanya untuk membuktikan bahwa mereka bisa membuat minuman ini.

 

Untuk membuat minuman ini bukanlah perkara yang sulit. Hanya dengan menerapkan cara atau langkah-langkah di bawah ini, teman-teman dijamin berhasil membuat Dalgona Coffee.

 

 

 

Bahan-bahan:

1.      Kopi sachet tanpa gula (Gunakan 2 sachet kopi nescafe)

2.      2 sendok teh gula pasir

3.      Susu putih (ultra milk / greenfields / indomilk)

4.      Air dingin secukupnya

5.      Es batu secukupnya

 

Metode membuat Dalgona Coffee   :

1.      Pertama, siapkan wadah untuk membuat busa dari kopi. Bisa menggunakan mangkok atau wadah lainnya.

2.      Kemudian masukkan dua sachet bubuk nescafe, gula pasir, dan sedikit air dingin ke dalam wadah. Mengapa menggunakan air dingin? Karena sifat air yang dingin akan membuat perkembangan lebih cepat.

3.      Kocok bahan dengan garpu hingga mengembang dan berbusa. Proses ini memakan waktu lama, oleh karena itu Anda dapat mencoba menggunakan mixer untuk menghemat waktu dan tenaga.

4.      Setelah itu siapkan gelas yang akan digunakan

5.      Tuangkan susu sekitar 1/2 cangkir atau lebih (jangan terlalu penuh)

6.      Letakkan campuran kopi yang sudah dibuat sebelumnya di atas susu sebagai topping

7.      Dalgona Coffee siap diminum!

 

Kopi ini memadukan rasa yang unik antara rasa susu dan sedikit rasa pahit dari campuran kopinya. Namun minuman ini tetap memiliki rasa yang enak meski kebanyakan orang termotivasi untuk membuatnya karena hanya penasaran.

 
 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar