Resensi Buku Koplak

Resensi Buku Koplak


Judul resensi             

Resensi Buku Koplak

 

Identitas buku          

Judul buku            : Koplak

Penulis                  : Oka Rusmini

Penerbit                 : Penerbit Grasindo

Kota penerbit        : Jakarta

Tahun terbit           : 2019

Jumlah halaman    : 186

 

Pendahuluan 

Oka Rusmini merupakan penulis yang produktif menulis puisi, novel dan cerita pendek. Sering diundang ke berbagai forum sastra nasional dan internasional serta telah meraih banyak penghargaan. Selain menjadi penulis, ia juga bekerja sebagai wartawan Bali Post di Denpasar, Bali sejak 1990. “Koplak” pertama kali ditulis dalam bentuk cerpen pada tahun 2016 hingga berpindah ke www.tatkala.co pada tahun 2018.

 

Isi resensi

Buku ini menceritakan tentang I Putu Koplak alias Koplak yang merupakan kepala desa di Desa Sawut. Desa kecil di Bali yang bahkan mungkin tidak akan muncul jika dicari menggunakan aplikasi Google Maps. Pembaca diajak melihat keseharian Koplak sebagai kepala desa membangun dan mengayomi rakyat desanya dengan penuh rasa cinta.

Oka Rusmini mengangkat isu-isu sosial yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia menjadi cerita yang apik. Menampilkan gambaran seorang kepala desa yang realistis dengan pemikiran-pemikiran khas desa yang dihadapkan pada banyak persoalan besar seperti kesetaraan gender, politik dan demokrasi yang kadang terdengar konyol.

 

Keunggulan buku

            Keunggulan buku ini adalah pengambaran Oka Rusmini yang begitu detail membuat pembaca merasa terlibat langsung dalam cerita. Bahasa yang digunakan terkesan sederhana namun tetap indah dan disertai banyak lelucon sehingga pembaca tidak akan cepat merasa bosan saat membacanya. Meski menghibur dan terkesan ringan, hal yang dibahas dalam buku ini merupakan persoalan penting menjadikan “Koplak” bukan hanya main-main atau hiburan semata.

 

Kekurangan buku

            Tema yang berbeda di setiap bagian dalam “Koplak” dapat membuat pembaca sedikit bingung.

 

Rekomendasi buku

            Buku ini cocok untuk remaja hingga dewasa yang menyukai bacaan menghibur sekaligus bermutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar