Resensi Mama Menelepon dari Neraka

 

Judul karya  : Mama Menelepon dari Neraka

Pengarang    : Surya Gemilang

Penerbit        : Kompas

 

            Cerpen ini dibuka dengan sang karakter utama yang sedang menyulut rokok saat penutupan peti jenazah ibunya. Saat sedang merokok ia tiba tiba menerima telepon dari ibunya, lalu ibunya berkata “Sayang, mama masuk neraka”. Mamanya berkata agar ia tidak disiksa di neraka selamanya, ia harus menebus 3 dosa besar yang ia perbuat selama hidupnya. Dosanya adalah membunuh suaminya lalu menguburnya di halaman rumah dan dosa yang lain adalah membuat selingkuhan dari suaminya cacat. Akhirnya sang karakter utama memutuskan untuk menebus dosa ibunya, dosa yang pertama ia tebus dengan cara mengubur jasad ayahnya di tempat yang layak dan dosa yang kedua ia tebus dengan membunuh selingkuhan dari ayahnya. Ketika tersisa 1 dosa lagi, ia memutuskan untuk tidak menebusnya dan ia lalu pergi ke makam ibunya dan menendang makam tersebut lalu buang air besar di atasnya.

            Cerita ini dibawa dengan alur yang cukup cepat tetapi tetap dijelaskan secara baik tentang latar waktu dan latar tempat dan suasananya.Hal ini membuat pembaca bisa berandai andai tentang bentuk tempat yang ada dalam cerita.Keunggulan lainnya adalah penulis cerpen ini membuat gambaran perilaku atau sesuatu yang dilakukan tokoh utama secara rinci.Walaupun cerpen ini mempunyai banyak keunggulan,ada juga kekurangan dari cerpen ini.Contohnya adalah beberapa gambaran suasana dalam cerita ada yang terlihat kurang jelas dan Ada kata kata yang mungkin jika dilihat anak kecil,terkesan kasar.

            Menurut saya buku ini cocok untuk para remaja yang menyukai cerpen fiksi.Fantasi yang dituang dalam cerpen ini sangat menegangkan dan juga enak dilihat.Saya berharap penulis bisa terus berkarya dalam membuat cerpen semacam ini dengan alur yang lebih menegangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar