Cara Membuat Macaroon

Macaroon atau disebut juga dengan Parisian Macaroons atau Macaroons Gerbet adalah kue yang dibuat dari tepung almond, putih telur, dan gula. Diproses dengan cara dipanggang hingga menghasilkan tekstur luar yang tipis dan bagian dalam yang lembut. Macaroon biasanya disajikan bertangkup seperti sandwich (roti lapis). Bagian tengahnya diisi selai atau butter cream (krim mentega). Berikut bahan-bahan dan langkah membuat macaroon bagi pemula yang ingin membuat macaroon.

  

   Bahan-bahan :

  1.  1 butir putih telur (pastikan fresh & dalam suhu ruangan)
  2.  25 gram gula pasir (lebih bagus jika butirannya kecil-kecil dan halus)
  3.  43 gram gula halus
  4.  25 gram tepung almond
  5.  1/4 sdt cream of tar-tar
  6.  1/2 sdt pasta grape
  7.  Note: untuk resep ini saya sarankan untuk memakai 2 warna saja
  8.  Isi: White choco chip dicairkan

 

   Langkah-langkah pembuatannya :

  1. Campurkan gula halus & tepung almond kemudian saring.
  2. Mixer putih telur dengan speed rendah, setelah berbuih masukkan cream of tar-tar. Setelah berbusa naikkan speed tertinggi masukkan gula pasir bertahap, terus mixer sampai adonan putih telur berjambul lurus (-/+ 7 menit).
  3. Masukkan campuran tepung almond dan gula halus ke adonan putih telur secara bertahap aduk dengan spatula sampai rata (kira-kira 25x adukan).
  4. Bagi 2 adonan, beri pewarna sesuai selera, lanjut aduk lagi tiap-tiap adonan sampai adonan berjejak seperti pita konsisten (kira-kira adukan sampai ke 50).
  5. Masukkan ke piping bag, semprotkan ke loyang khusus macaron atau yang sudah dialasi baking paper.
  6. Hentakan loyang diatas meja untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara, rapihkan gelembung-geembung udara dengan tusuk gigi atau sumpit.
  7. Setelah itu diamkan selama 30-60 menit (permukaan macaron kering sentuh).
  8. Panggang di oven 140. Api atas bawah selama max 15 menit. Sesuaikan oven masing-masing, kalau saya 10 menit pertama di suhu 140, setelah menit ke-7 berlalu (kaki macaron sudah keluar) turunkan suhu ke 130.
  9.  Setelah matang, diamkan dulu dioven selama 3 menit, baru keluarkan dan dinginkan, isi macaron.

   Cantiknya macaroon memang bikin tergoda untuk mencicipinya. Bentuknya yang one bite size, sangat pas buat dijadikan cemilan. Salah satu jenis pastry ini terasa renyah diluar namun lembut di dalam. Supaya lebih hemat, mari kita buat sendiri, yuk!


Risma Zahratunnisa 

XI MIPA 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar