PELANGI

 


Pelangi adalah fenomena alam yang terjadi karena pembiasaan cahaya matahari oleh butir-butir air. Karena pembiasan itu terlihat tujuh warna pada pelangi. Tujuh warna itu bersatu, bersebelahan dan terlihat melengkung setengah lingkaran. Di fisika kita tahu pelangi juga mengalami gejala optik. Bentuk pelangi bisa dianggap seperti busur tetapi masing-masing ujungnya menuju pada titik yang berbeda. Titik berbeda itu dinamakan titik horizon yang timbul saat hujan ringan turun. Sering juga kita lihat pelangi tampak di air terjun yang deras mengalir.

Timbulnya pelangi dikarenakan pembiasan serta penyimpangan cahaya yang sedang menjauhi partikel. Ini seperti fenomena matahari terbenam, langit tampak berwarna jingga sebab sinar matahari harus melewati lapisan atmosfer yang lebih tebal dibanding yang dilewati pada siang hari.

Pelangi hanya bisa terlihat di hari yang cerah. Pada malam hari walau mendung atau hujan gerimis pelangi tidak akan terlihat. Bisa dikatakan pelangi ialah fenomena alam yang disebabkan oleh cahaya yang mengalami pembiasan.

Pelangi terbentuk dari cahaya matahari yang melewati titik-titik hujan yang nantinya dibiaskan pada tengah titik-titik hujan itu.  Karena pembiasan cahaya putih ini, warna terurai menjadi beberapa warna spektrum.

Pelangi bisa kita lihat saat sedang hujan ketika matahari bersinar dari sisi berlawanan dengan arah kita menghadap. Sehingga posisi kita harus ada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang kita. Singkatnya, kita sebagai pengamat, matahari, dan pusat busur pelangi harus berada di satu garis lurus. Sehingga kita bisa menikmati indahnya warna-warni pelangi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar