Pemanasan Global

 


Pemanasan global atau biasa disebut perubahan iklim adalah proses meningkatnya suhu rata-rata udara, atmosfer, laut, dan daratan bumi. Perubahan iklim sudah terjadi pada masa lalu dan merupakan hal yang wajar. Namun, saat ini, pemanasan global terjadi jauh lebih cepat dan disebabkan bukan karena sebab-sebab alamiah. Pemanasan global saat ini di antaranya disebabkan oleh efek rumah kaca, pembakaran bahan bakar fosil, penggundulan hutan, dan proses industri.

 

Kegiatan-kegiatan manusia yang berkaitan dengan penggunaan bahan bakar fosil dan alih fungsi hutan menghasilkan gas-gas yang semakin lama menumpuk di atmosfer. Gas-gas tersebut di antaranya adalah CO2, CH4, CFC, dll. Gas-gas yang menumpuk tersebut akan terperangkap di atmosfer akan menahan panas dari permukaan bumi untuk keluar. Akibatnya, bumi makin hangat.

 

Maka dari itu, akhir-akhir ini sering terjadi peningkatan suhu yang terlalu tinggi. Hal itu terjadi akibat pemanasan global yang disebabkan oleh aktivitas manusia yang menghasilkan gas-gas pemicu pemanasan global.

Asri Kirana

XI MIPA 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar