Proses Terjadinya Hujan



Hujan merupakan peristiwa dimana air berjatuhan dari langit. Hujan sendiri turun disaat sudah musimnya, biasanya hujan turun pada bulan September sampai Januari. Hujan terjadi dari sebuah peristiwa kondensasi yaitu perubahan wujud benda yang lebih padat menjadi butiran air yang jatuh lagi ke daratan. Hujan merupakan peristiwa yang akan terus terjadi karena proses hujan akan terus berulang dari penguapan sampai dengan turun hujan Kembali.

 

               Hujan melewati proses yang cukup panjang. Bumi terdiri atas daratan dan perairan, matahari akan menyerap air dari daerah perairan seperti laut, danau, atau sungai. Lalu air yang diserap oleh matahari akan menguap dan uap air akan menyatu dengan udara lalu bergerak naik dan apabila suhu menjadi semakin dingin uap air akan mengalami proses pengembunan atau kondensasi. Hasilnya berupa butiran kecil yang akan menyatu menjadi awan yang semakin lama akan menjadi gelap dan apabila sudah terlalu berat atau suhu udara semakin dingin maka butiran tersebut akan turun menjadi hujan.

 

Hujan merupakan sebuah peristiwa yang mendatangkan banyak keberkahan jadi kita harus bersyukur apabila hujan turun. Banyak yang merasa hujan selalu membawa kerugian padahal hujan belum tentu membawa dampak yang buruk seperti banjir, jadi kita harus mencari cara menghindari banjir bukan malah menyalahkan hujan atas terjadinya banjir.


Aldisa Salwa 

XI MIPA 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar