Resensi Cerpen Takeran

 

Judul : Takeran

Penulis : Risen Dhawuh Abdullah

Penerbit : Koran Tempo

Tahun Terbit : 30 April 2023


Sinopsis :

Menceritakan seorang kyai yang memimpin pondok pesantren di era yang penuh dengan kecaman. Ideologi merah adalah tujuan mereka untuk membuat negara Republik Soviet Indonesia. Mereka menyisipkan ideologi tersebut kepada masyarakat yang kurang pendidikan.

Hal yang ditakutkan pun terjadi, Kyai Mursyid kedatangan tamu orang bertudung hitam. Kyai Mursyid diajak oleh mereka untuk “berunding”, Kyai Mursyid tidak mempercayai mereka sama sekali. Kyai Mursyid khawatir jika ia mengiyakan ajakan mereka untuk berunding, adakah jaminan pondok pesantren beserta santrinya akan selamat tanpa dilenyapkan? 


Mereka mulai mendesak dan mengancam Kyai Mursyid untuk ikut “berunding” atau pondok pesantrennya akan dijarah. Kyai Mursyid pun akhirnya mengiyakan ajakan mereka, sampailah mereka dan Kyai Mursyid di sebuah bangunan dengan halaman yang luas dan beberapa mobil disana. Kyai Mursyid mendengar hal yang sangat mengejutkan, lalu tanpa sempat melawan Kyai Mursyid dihantam oleh benda dari belakang.



Kekurangan : Cerita sedikit membingungkan, dan harus dibaca beberapa kali. Penggunaan “kamu” dalam tokoh Kyai Mursyid itu cukup membuat bingung.

Kelebihan : Memberikan kesan mendebarkan saat membacanya.


Ananda Chelsea Frederica . 02


Tidak ada komentar:

Posting Komentar