TIPS LANCAR BERBAHASA INGGRIS



                Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang digunakan oleh dunia untuk berkomunikasi secara global. Bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa yang dapat menyatukan dunia.

Tips yang dapat dilakukan:
A.      Niat yang kuat untuk mempelajari bahasa Inggris.
Niat merupakan faktor utama jika ingin melakukan sesuatu. Maka jika ingin mempelajari bahasa inggris dengan baik maka harus diniatkan dengan sungguh-sungguh.

B.      Sering mendengarkan dan mempraktikkan bahasa Inggris yang diucapkan oleh native speaker kepada diri sendiri (talk to your self).
Ketika kita sering mendengarkan native speaker berbicara, maka kita akan terbiasa untuk mendengarkan pengucapan atau pelafalan yang baik dan benar.

C.      Perbanyak kosakata dengan membaca artikel, koran, atau bacaan apapun yang menggunakan bahasa Inggris.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari aktivitas membaca. Baik saat sekolah, bekerja, atau bahkan saat kita bersantai. Sebagai orang Indonesia tentunya sudah sangat terbiasa membaca sumber bacaan yang menggunakan bahasa Indonesia. Namun, jika kita berniat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, sumber bacaan sebaiknya beralih pada sumber yang menggunakan bahasa Inggris. Kita bisa mendapatkannya dari majalah, koran, artikel, atau portal berita online yang berasal dari luar negeri.
Dari sumber bacaan tersebut kita dapat menemukan banyak sekali kosakata baru yang sangat membantu dalam peningkatan kemampuan bahasa Inggris. Dengan banyaknya kosakata baru yang diperoleh, kita tertantang untuk mencari arti kata tersebut. Sehingga, saat kita menemukan kembali kata yang sama, otomatis kita sudah tahu artinya dan pembendaharaan kosa kata bahasa Inggris semakin banyak.

D.      Perhatikan cara pelafalan ketika berbicara dengan native speaker.
Bagi sebagian orang cara pelafalan dalam bahasa Inggris cukup sulit. Terutama ketika kita mengunakan aksen brittish yang terkadang beberapa katanya cukup sulit untuk diucapkan. Akan tetapi, pengunaan aksen dalam bahasa Inggris tidak begitu penting karena orang-orang tetap akan mengerti  apa yang kita katakan. Meskipun tidak terlalu penting, apa salahnya jika kita ingin belajar menggunakannya.
Agar dapat mengucapkannya dengan benar, maka kita harus sering mendengarkan dan menirukan native speaker  berbicara. Memang terkadang ketika kita mendengarkan native speaker berbicara, kita tidak memahami apa yang mereka katakan. Setidaknya, semakin sering kita mendengarkan seseorang yang berbicara menggunakan bahasa Inggris, telinga kita akan merasa familiar. Saat telinga sudah merasa familiar, mulut pun terkadang tanpa sengaja ikut melafalkan kata-kata tersebut dengan pelan-pelan dan saksama. Sehingga, mulut kita juga akan terbiasa melafalkan kosa kata atau kalimat bahasa Inggris.
Sebenarnya, kita tidak harus selalu mendengarkan native speaker berbicara untuk melatih pelafalan bahasa Inggris. Kita dapat menggunakan kamus. Pada kamus terdapat tulisan yang berisi cara membaca kata-kata bahasa Inggris. Selain itu, google translate juga membantu memberi tahu cara pelafalan kata yang kita butuhkan. Pada google translate terdapat simbol speaker yang tertera yang merupakan pengisi suara native speaker dari masing-masing negara. Kita dapat mendengarkan pelafalan kata yang sedang kita cari dengan menekan tombol speaker yang sudah disediakan oleh google translate. Sembari mendengarkan, kita berlatih pelafalan kata tersebut sehingga dirasa sudah cukup fasih.



E.       Sering mendengarkan lagu atau menonton film yang menggunakan bahasa Inggris.
Tekanan dan intonasi adalah aspek kunci bahasa inggris dan mempengaruhi arti apa yang diucapkan. Jadi, tontonlah  film atau video jika film tersebut menggunakan bahasa inggris tontonlah tanpa subtitle tetapi jika film tersebut berbahasa indonesia maka gunakanlah subtitle bahasa inggris. Latih pendengaran dengan mengulang kata-kata yang diucapkan oleh aktornya. Tirulah nada dan intonasi yang mereka ucapkan.

F.       Mencoba untuk membuat karangan dengan menggunakan bahasa Inggris.
Buatlah karya dengan kemampuan sendiri seperti puisi, cerpen, biografi, artikel dll. Dengan kita membuat karangan tersebut kita ditekan untuk engeluarkan kemampuan berbahasa inggris kita. Jika kita merasa tidak mampu berbasa inggris, paling tidak kita menggunakan usaha maximal kita dan kita bisa menambah vocab kita.

G.     Jika memiliki cukup uang pergi ke negara yang menggunakan bahasa inggris (study aboard).
Untuk melancarkan pelafalan, memperbanyak kosa kata, dan membiasakan menggunakannya alangkah baiknya jika kita bisa berpergian ke negara tempat bahasa tersebut digunakan. Contoh kita dapat pergi ke London atau kita dapat berkuliah di oxford, universitas berbahasa inggris tertua di dunia. Jika tidak, kita bisa menggunakan film, music, majalah, dan podcats untuk media pembelajaran.
Penyusun:
AISYAH MARYANA ROHAYATI
AQILA NASYITHA
ASSYAIMAA HUZAFA RANA
MARSA SHOFI ATHIFA
NISA NURKHASANAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar