Tips Mencari Perguruan Tinggi yang Cocok dengan Bakat dan Minat

     
       Sebelum menentukan kampus, pikirkan apa yang menjadi studimu. Jurusan yang cocok dan modul apa yang kamu pilih selama menjalani studi di sana. Itu semua mempengaruhi semangatmu untuk kuliah. Studi lanjut sangat penting bagi masa depan, terutama dalam masalah pendaftaran pekerjaan. Rata-rata lowongan pekerjaaan di perusahaan membutuhkan dengan latar belakang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, seperti lulusan S1.
A. Dalam Negeri
1. Pilih perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik (akreditasi)
Akreditasi atau pentauliahan adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta. Tidak hanya perguruan tinggi swasta yang diberikan akreditasi tetapi juga perguruan tinggi negeri. Jika anda lulus di sebuah perguruan tinggi negeri, namun jurusan yang anda ikuti memiliki akreditasi yang rendah, prospek peluang kerja anda akan rendah. Salah satu contoh akreditasi adalah akreditasi pada metode tes laboratorium dan sertifikasi spesialis yang diperbolehkan mengeluarkan sertifikat resmi yang telah memiliki standar.
Biasanya, banyak siswa yang memilih perguruan tinggi yang memiliki akreditasi bagus, agar ketika sudah lulus menjadi pertimbangan untuk melamar kerja. Rata–rata perguruan tinggi yang memiliki akreditasi bagus memiliki dosen yang berpengalaman.  Perguruan tinggi yang terkenal seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).
2. Memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat
Dalam memilih universitas kita harus melihat ada tidaknya jurusan yang kita inginkan. Jangan sampai kita menyesal karena salah pilih jurusan yang tidak sesuai dengan bakat dan minat kita, dan jangan sampai kita salah memilih universitas dari segi ketenaran dibandingkan dengan  jurusan yang kita inginkan.
Ada jurusan yang tidak semua universitas miliki seperti :
1) Teknik Nuklir di Universitas Gajah Mada ( UGM ).
2) Astronomi di Institut Teknologi Bandung ( ITB ).
3) Keris dan senjata internasional di Institut Internasional Surakarta, Jawa tengah .
3. Pilih perguruan tinggi yang berkualitas
Perguruan Tinggi yang berkualitas yang saya maksudkan disini bukan perguruan tinggi yang mempunyai nilai akreditasi baik. Kualitas yang saya maksudkan disini adalah tersedianya tenaga pengajar yang berkompeten untuk membimbing anda mencapai target yang anda siapkan pada saat anda memilih perguruan tinggi yang bersangkutan sebagai sarana menambah ilmu.
Kampus dengan Manajemen terbaik
Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS)
Universitas Gunadarma
ITS
UGM
UI
ITB
IPB
Universitas Sebelas Maret (UNS)
Universitas Islam Indonesia (UII)
Kampus dengan Kualitas Penelitian dan Publikasi
ITB
IPB
UI
UGM
Universitas Padjadjaran (Unpad)
Universitas Hasanuddin (Unhas)
UNS
Universitas Brawijaya (UB)
ITS
Universitas Diponegoro (Undip)
Kampus dengan kualitas SDM yang tinggi
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Universitas Negeri Malang (UM)
Universitas Indonesia (UI)
Universitas Negeri Makassar (UNM)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Airlangga (Unair)
Universitas Bengkulu

4. Biaya kuliah di perguruan tinggi
Untuk anda semua yang ingin mendaftar kuliah, usahakan memilih perguruan tinggi negeri. Rata-rata biaya perguruan tinggi negeri  lebih murah di bandingkan perguruan tinggi swasta. Selain itu, untuk anda yang ingin kuliah di luar kota juga membutuhkan biaya bulanan, biaya akomodasi, biaya transportasi, dll. Biaya-biaya tersebut dapat anda kurangi besarannya jika anda berprestasi melalui beasiswa. Di banyak kampus tersedia beragam macam beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Mulai dari beasiswa dari pemerintah hingga beasiswa dari perusahaan. Sayangnya, banyak juga mahasiswa yang merasa gengsi untuk sekedar mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa. Alasannya, “malu mengurus surat keterangan tidak mampu”. Pesan saya disini, jangan sampai anda gedein gengsi. Jika anda gengsian, bukan hanya anda yang rugi, keluarga pun rugi. Ingat biaya kuliah itu tidak hanya uang untuk perguruan tinggi, tetapi juga uang untuk anda sendiri.
B. Luar Negeri
1. Mencari informasi dari promosi yang diberikan perguruan tinggi di luar negeri
Membuka situs web atau brosur yang tersedia maupun informasi secara langsung dari utusan universitas tersebut.  Melalui web dan brosur, anda dapat mengetahui fasilitas dan sarana yang tersedia di universitas tersebut. Anda juga bisa melihat informasi program yang ditawarkan, akomodasi hingga gambaran umum mengenai negara lokasi universitas tersebut. Dari informasi tersebut biasanya berisi peringkat universitas pada tiap negara maupun peringkat universitas secara internasional. Anda juga akan mendapat informasi program unggulan dari masing-masing universitas.
2. Kontak personal
Untuk memperoleh informasi anda juga bisa langsung dari narasumber yang pernah menempuh pendidikan di universitas tertentu. Seperti anda menghubungi kontak yang pernah menjadi alumni dari perguruan tinggi tersebut.
3. Konsultan Pendidikan Luar Negeri
Konsultan pendidikan juga menyediakan informasi yang cukup lengkap mengenai universitas-universitas yang berada dalam jangkauan layanan mereka. Selain itu, mereka juga dapat memberikan rekomendasi program favorit pada universitas-universitas tersebut.
Sebelum mendaftar perguruan tinggi, kamu jangan lupa untuk konsultasi dengan orang tua maupun guru. Semoga dengan cara ini kamu bisa ada gambaran lebih banyak mengenai kecocokan kampus dan/atau kenyamanan kampus untuk belajar di universitas dalam negeri maupun luar negeri.


Anggota:
Anida Qorie O.
Fatimah Azzahra
Dieny Izzaty
Qonita Istiqomah
XI MIPA 4



Tidak ada komentar:

Posting Komentar