Teks Eksplanasi Globalisasi Ekonomi Indonesia


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~INDOMIE CHITATO~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Globalisasi Ekonomi di Indonesia

Globalisasi perekonomian merupakan sebuah proses kegiatan ekonomi dalam aspek perdagangan di mana seluruh dunia menjadi satu kesatuan pasar tanpa rintangan batas teritorial negara. Banyak sekali produk dari luar negeri yang sudah melekat dengan warga Indonesia dan produk Indonesia pun juga di ekspor. Contoh nyata dari pengaruh globalisasi ekonomi ini adalah adanya pasar bebas. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana proses dan berjalannya globalisasi ekonomi. Sehingga pelaku kegiatan ekonomi pada umumnya tidak tahu manfaat dari globalisasi ekonomi dan kerugian yang harus ditanggung akibat globalisasi ekonomi.

Adanya pasar bebas akibat globalisasi membuat berdampak positif bagi perekonomian di Indonesia. Diantaranya adalah semakin terbukanya produk-produk ekspor ke dalam pasar domestik dan terbukanya peluang pasar produk dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif guna meluaskan jaringan produk Indonesia. Dengan adanya kemudahan dalam melakukan aktivitas ekspor maupun impor, sehingga dengan mudah pula memperoleh barang yang dibutuhkan. Ketika hendak mengetahui mengenai informasi perdagangan dunia juga dirasa semakin mudah dikarenakan teknologi informasi dan komunikasi bisnis sudah semakin maju. Akses investasi dari luar negeri juga akan lebih mudah masuk ke Indonesia, misalnya perusahaan asing dapat membuat pabrik di Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Indonesia. Dengan adanya hal tersebut, tentu kesempatan kerja akan terbuka lebar dan secara tidak langsung akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Dengan adanya kegiatan aktivitas perekonomian global, juga dapat memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia, hal ini dapat dimanfaatkan dengan adanya pembukaan tempat pariwisata baru dengan memperdayakan masyarakat Indonesia. Selain membantu perekonomian masyarakat Indonesia juga sebagai ajang promosi mengenalkan Indonesia kepada masyarakat dunia.

Disisi lain permasalahan karena adanya globalisasi ekonomi bersumber dari ketidakpastian ekonomi di Indonesia dalam persaingan pasar yang semakin hari semakin bebas. Diantara dampak negatifnya adalah pertumbuhan dan perdagangan luar negeri cepat berkembang karena modal serta teknologi yang digunakan demikian maju. Akibatnya perusahaan dalam negeri akan tertinggal jauh dari produksi yang dihasilkan. Sehingga berdampak pada lambannya produksi di Indonesia yang berdampak pada dominasi produk asing di dalam negeri. Jika impor lebih tinggi dan tidak dapat bersaing dengan ekspor akibat buruknya pada neraca pembayaran. Ketika hal tersebut terjadi maka keuangan dalam negeri tidak stabil karena banyaknya dana mengalir ke luar negeri. Sebaliknya negara yang kuat modalnya akan semakin banyak keuntungannya sehingga kapitalisme akan menguasai sistem perekonomian, sehingga yang lemah semakin terpinggirkan. Kenyataan lain yang harus diterima dari globalisasi ekonomi adalah tenaga asing yang masuk ke Indonesia lebih dihargai karena kualitasnya yang lebih baik dari orang asli Indonesia, sebabnya sama saja pengangguran akan bertambah.

Adanya globalisasi di bidang ekonomi membuat perekonomian dunia seakan tanpa batasan yang memisahkan antar negara bahkan benua sekalipun. Maka sebagai warga negara yang peduli akan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, kita harus benar-benar mampu memanfaatkan situasi terkini dalam hal ini adalah pasar bebas. Jangan sampai perekonomian kita justru malah jatuh oleh bangsa asing. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memulai peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar dapat menciptakan produk-produk berkualitas dan berdaya saing di pasar domestik maupun internasional.
 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar