Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan
 Pernyataan Umum
Kebakaran hutan adalah sebuah peristiwa dimana terdapat api dengan intensitas yang besar dan membakar lingkungan hutan baik sebagian maupun keseluruhan. Kebakaran hutan pastinya akan mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan, tidak hanya hutan itu sendiri melainkan juga lingkungan sekitarnya.
 Deretan Penjelas
Kebakaran tajuk, dan api tajuk. Penjelasan dari masing-masing jenis tersebut, jadi Kebakaran hutan dibedakan menjadi 3 macam, yaitu kebakaran permukaan, kebakaran permukaan adalah kebakaran yang terjadi pada lantai hutan dan apinya sangat mudah menyebar namun masih tergolong mudah untuk dipadamkan. Selanjutnya kebakaran tajuk adalah kebakaran yang membakar tajuk tanaman pokok terutama pohon-pohon yang mudah terbakar. Terakhir adalah api tajuk, kebakaran ini akan membakar lapisan organik yang dibawah lantai hutan, kebakaran jenis ini terjadi dalam waktu yang sangat panjang dan perambatan apinya sangat lambat.
Kebakaran hutan terjadi karena adanya 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Untuk faktor alam biasanya karena kekeringan jangka panjang yang mengakibatkan terjadinya percikan-percikan api, sedangkan faktor manusia biasanya karena kelalaian dan kesengajaan seperti misalnya membuang puntung rokok sembarangan, melakukan pembakaran liar dan untuk membuka lahan baru.
Kebakaran hutan mengakibatkan munculnya asap tebal pekat yang mengandung berbagai gas berbahaya yang tentunya sangat tidak sehat bila dihirup oleh makhluk hidup. Berbagai penyakit dapat terpicu akibat kebakaran hutan ini, antara lain ISPA, kanker paru-paru, asma dan penyakit pernafasan lainnya.
 Interpretasi
Kebakaran hutan menjadi peristiwa yang sering kali terjadi di negara kita, faktor alam dan kurangnya kepedulian kita menjadi pemicu terjadinya peristiwa ini. Untuk itu sudah semestinya kita menjaga lingkungan hutan kita mengingat hutan adalah paru-paru dunia yang mana sangat wajib kita jaga kelestariannya.
Kelompok Green Screen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar