Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan


Kebakaran hutan merupakan sebuah peristiwa di mana terdapat api dengan intensitas besar yang membakar lingkungan hutan, baik sebagian atau keseluruhan hutan. Kebakaran hutan mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan, dan manusia yang tinggal di sekitar hutan yang terbakar.
 Kebakaran hutan dibedakan menjadi 3 macam, antara lain kebakaran permukaan, kebakaran tajuk, dan api tajuk. Kebakaran permukaan adalah kebakaran yang terjadi pada lantai hutan dan apinya mudah menyebar namun masih tergolong mudah untuk dipadamkan. Selanjutnya, kebakaran tajuk merupakan kebakaran yang membakar tajuk tanaman pokok terutama pohon-pohon yang mudah terbakar. Terakhir adalah api tajuk, kebakaran ini akan membakar lapisan organik yang di bawah lantai hutan, kebakaran jenis ini terjadi dalam waktu yang sangat panjang dan perambatan apinya lambat.
Kebakaran hutan terjadi karena adanya 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Untuk faktor alam biasanya karena kekeringan jangka panjang yang mengakibatkan terjadinya percikan api, sedangkan faktor manusia biasanya karena kelalaian dan kesengajaan seperti misalnya membuang puntung rokok sembarangan, melakukan pembakaran liar dan untuk membuka lahan baru.
Kebakaran hutan dapat dicegah melalui beberapa hal, diantaranya jangan membiasakan membakar hutan untuk membuka lahan baru, jangan membuang punting rokok sembarangan, mempersiapkan alat pemadam kebakaran hutan, dan melakukan penyuluhan agar masyarakat yang tinggal di sekitar hutan tidak panik saat terjadi peristiwa tersebut.

Kebakaran hutan menjadi peristiwa yang sering kali terjadi di negara kita, terutama di daerah yang bertanah gambut. Faktor alam dan kurangnya kepedulian manusia menjadi pemicu terjadinya peristiwa ini. Untuk itu sudah semestinya kita menjaga lingkungan hutan kita mengingat hutan adalah paru-paru dunia yang mana sangat wajib kita jaga kelestariannya.

Nama Anggota :
1.    Alya Yasmin
2.    Arina H
3.    Fachreni Syah
4.    Listy Tawwabin P
5.    Mutiara Khanza S
6.    Revita Fadya
7.    Torika Berliana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar