TEKS EKSPLANASI BANJiR



Banjir adalah salah satu bencana alam yang menjadi bencana tahunan bagi sebagian daerah di Indonesia. Banjir sendiri memiliki arti sebuah ketidakmampuan sungai, danau, drainase maupun aliran air lainnya. Untuk menampung air hujan, dengan air hujan yang jumlahnya begitu besar akan meluap serta menggenangi tempat-tempat disekitar tampungan air tersebut.

Banjir sendiri biasa terjadi di tempat-tempat seperti pinggiran sungai, pemukiman yang berada di tempat resapan air, serta tempat yang pengairannya juga bermasalah. Banjir sering terjadi pada saat musim penghujan dimana kadar air yang turun lumayan banyak, hal ini disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor alam serta faktor sosial.

Faktor alam adalah faktor yang disebabkan dari alam itu sendiri, contohnya terjadi hujan deras dengan jangka waktu yang cukup lama sehingga membuat tempat penampungan air menjadi meluap dan menggenangi tempat-tempat disekitarnya, lainnya ada juga erosi dan sedimentasi yang menyebabkan terjadinya penyempitan sungai sehingga daya tampung menjadi berkurang. Lebih parah lagi, penyebab banjir bisa terjadi karena erupsi gunung berapi yang berupa banjir lahar dingin.

Selanjutnya faktor sosial dimana penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah manusia itu sendiri. Faktor sosial menjadi faktor penyebab utama terjadinya banjir. Kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai, membangun bangunan di tempat resapan air, menggunduli hutan dan lainnya mengakibatkan banjir.

Dari ulasan tersebut, banjir merupakan salah satu bencana alam yang disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor alam dan faktor sosial. Bagi penulis, faktor sosial itu sendiri yang menjadi masalah terbesar adanya bencana banjir ini.

adel, adia, atha, dayu, fairuz, inas, nabila, nindya


trims guys...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar