Teks Eksplanasi Globalisasi Ekonomi Di Indonesia



Globalisasi perekonomian tak ubahnya sebuah proses kegiatan ekonomi terutama dalam aspek perdagangan dimana seluruh dunia menjadi satu kesatuan pasar tanpa rintangan batas teritorial negara. Contoh nyata dari pengaruh globalisasi ekonomi ini adalah adanya pasar bebas. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana proses dan berjalannya globalisasi ekonomi. Padahal globalisasi ekonomi sangat berpengaruh dalam mengenalkan Indonesia kepada dunia. Selain itu, globalisasi ekonomi memiliki banyak dampak lainnya bagi perekonomian Indonesia.

Dampak lain diantaranya adalah semakin mudahnya melakukan ekspor dan impor secara kompetitif guna meningkatkan daya saing. Aktivitas ini memudahkan masyarakat memperoleh barang yang dibutuhkan. Informasi perekonomian dan bisnis pun semakin mudah dilakukan.Selain itu, perusahaan asing dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Indonesia. Dengan adanya hal tersebut, tentu kesempatan kerja akan terbuka lebar dan secara tidak langsung akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Namun tetap saja ada dampak negatif dari globalisasi ekonomi. Dengan adanya globalisasi ekonomi menyebabkan kualitas produksi barang Indonesia lebih rendah dibanding negara lain, sehingga jumlah impornya jauh lebih besar dibanding jumlah ekspor ke luar. Jika impor lebih tinggi dan tidak dapat bersaing dengan ekspor akibat buruknya pada neraca pembayaran. Ketika hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan kapitalisme, dimana negara kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin. Kenyataan lain yang harus diterima dari globalisasi ekonomi adalah tenaga asing yang masuk ke Indonesia lebih dihargai karena kualitasnya yang lebih baik dari orang asli Indonesia, sebabnya sama saja pengangguran akan bertambah.

Dengan adanya globalisasi di bidang ekonomi, seharusnya kita harus benar-benar mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas SDM sehingga produk yang dihasilkan akan semakin berkualitas. Sehingga perekonomian kita tidak akan dijatuhkan dan dikuasai oleh bangsa asing.

Nama Anggota :
1. Amanda Khairunnisa P.
2. Bening Kirani
3. Fatihah Zakiya Aqmal
4. Maeve Zahwa A.C.Z
5. Najla Adinda
6. Nisa Fithri
7. Putri Wulan Cahya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar