Teks Eksplanasi Proses Terjadinya Pelangi

Pelangi adalah fenomena alam berupa lengkung spektrum warna di langit, tampak karena pembiasan sinar matahari oleh titik-titik hujan atau embun biasanya, pembiasan cahaya itu menyebabkan muncul beberapa warna yang terbagi menjadi dua. Pelangi primer, warna yang dihasilkan saat pertama kali pembiasan dan memiliki warna terkuat. Kedua, pelangi primer adalah warna yang dihasilkan setelah pembiasan dua atau tiga kali.

Ada alasan mengapa pelangi hanya dapat dilihat di siang hari dan setelah hujan. Karena pelangi terjadi pembiasan cahaya matahari oleh air, sehingga saat malam hari tidak akan ada pelangi. Contohnya adalah etesan air hujan yang dapat membuat ilusi optik lebih baik. Tidak hanya air hujan saja, air terjun juga bisa menimbulkan pelangi.

Proses awalnya, cahaya matahari menebus tetesan hujan yang menyebabkan cahaya menyimpang menjahui titik pusat. Sehingga, warna putih menjadi berbagai spektrum warna. Setiap cahaya akan dibelokkan pada sudut yang berbeda yang menghasilkan berbagai warna pada pelangi.

Oleh sebab itu, pelangi memiliki banyak warna. Dari pembelokkan pertama yaitu warna ungu dan yang terakhir adalah warna merah. Sisa warna lainnya seperti kuning, hijau, jingga, biru, nila akan terbentuk dengan penguraian warna secara utuh, hal itulah yang membuat bentuk pelangi memiliki warna yang banyak.

 Sekarang sudah tahu kan? Bagaimana proses pembentukan pelangi? Juga alasan mengapa pelangi hanya bisa dilihat pada siang hari. 

Anggota :
1. Aira Mahgi Agnesya
2. Lisani Istiqomah
3. Marsa Husnia Rusyda
4. Rumaisha Rahma
5. Salma Adnin Fauziyyah
6. Selly Nohan Talitha
7. Tiara Indriani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar