Teks Eksplanasi tentang Pengangguran


                 
PENGANGGURAN



Pengangguran adalah salah satu fenomena sosial yang berhubungan dengan aspek ketenagakerjaan dan menjadi permasalahan umum di masyarakat. Telah banyak formula dalam penanganan yang  telah diambil. Namun dalam permasalahan ini tidak juga tuntas. Tidak hanya di Indonesia, masalah pengangguran ini sudah ditemukan hampir di semua negara. Secara umum, banyak yang sudah mengartikan bahwa pengangguran ialah orang dewasa yang tak bekerja, masih mencari pekerjaan, atau tiadk mempunyai pekerjaan secara formal dan tidak memperoleh penghasilan. Selain itu, pada Badan Pusat Statistik (BPS) secara spesifik telah memberikan definisi mengenai pengangguran yakni setiap orang yang telah bekerja sekitar kurang dari 1 jam pada setiap minggu.
Terdapat beberapa faktor yang paling mendasar dan menjadi penyebab munculnya pengangguran. Pengangguran umumnya disebabka adanya kesenjangan antara kesempatan kerja dan pencari kerja. Pengangguran juga bisa disebabkan adanya suatu perubahan structural di dalam perekonomian. Perubahan tersebut menimbulkan adanya kebutuhan terhadap tenaga kerja dengan segala jenis atau tingkat keterampilan yang berbeda-beda. Seringkali terjadi adanya pengangguran yang disebabkan oleh pemutusan hubungan kerja terhadap buruh atau karyawan yang biasa disebut PHK.
Akibat munculnya pengangguran tersebut dapat menimbulkan segala macam persoalan sosial dan ekonomi bagi yang mengalaminya. Orang yang tak mempunyai mata pencaharian juga tidak bisa mendapat penghasilan dan yang tak berpenghasilan tak dapat membelanjakan uang dalam membeli barang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika jumlah pengangguran sangat banyak akan timbul kekacauan sosial, jika jumlah orang yang terlantar semakin meningkat pesat akan terjadi kriminalitasi yang terlalu tinggi.
Berdasarkan uraian di atas sudah sangat jelas bahwa pengangguran merupakan permasalahan besar yang harus segera diselesaikan dan diberikan solusi. Langkah yang nyata untuk bisa ditempuh yaitu dengan memperbaiki keadaan lapangan kerja. Dengan semakin baiknya keadaan lapangan kerja, kekerasan sosial yang disebabkan oleh pengangguran dapat diatasi atau dikurangi. Disamping itu, dapat memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan mesti disesuaikan dengan adanya kebutuhan pasar tenaga kerja. Langkah yang baik lagi jka kita dapat memberikan keterampilan yang memadai untuk mereka yang masih bekerja sehingga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Semua langkah tersebut mesti segera kita laksanakan agar memecahkan permasalahan pengangguran yang tak kunjung selesai.

KELOMPOK : AISYAH, DIVA, HANA, HANIFAH, KARISMA, RIFQIA, YUMNA,                                                  ZULFA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar