Prosedur Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

 

Prosedur Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Bagi beberapa siswa yang sudah mulai memasuki fase tingkat pendidikan tinggi, memilih jurusan terasa sedikit seperti tantangan. Ada yang masih dilema memilih diantara dua, ada yang masih bingung ingin terjun ke bidang yang mana, dan bahkan masih ragu dengan satu pilihan yang dimiliki. Banyak dari mereka yang masih bingung memilih jurusan kuliah.

 

Sementara itu, jurusan kuliah sangat penting untuk kedepannya. Jurusan kuliah merupakan fondasi kamu untuk melewati langkah selanjutnya. Dengan belajar di jurusan yang tepat, kamu bisa fokus untuk mengembangkan potensimu dan juga memahami rencana karir di masa depan.

 

Karena di luar sana ada banyak sekali jurusan, kamu perlu memilih secara baik-baik dengan pertimbangan yang matang. Nah, untuk memudahkan pertimbanganmu, berikut ini terdapat beberapa prosedur memilih jurusan kuliah yang tepat.

 

1. Pahami Potensi Diri dan Passion yang Dimiliki

Memahami potensi diri dan passion yang dimiliki adalah dua hal penting yang harus diketahui sebelum menentukan jurusan kuliah. Dengan mengetahui kedua poin tersebut, kamu bisa lebih fokus dalam memilih bidang studi. Pilihlah jurusan dengan bidang yang sangat kamu sukai dan mendukung karirmu di masa depan.

 

2. Ketahui Nilai Kemampuan di Sekolah

Periksa kembali nilai-nilai yang kamu dapatkan saat di sekolah. Nilai mata pelajaran manakah yang mendapatkan nilai paling baik dan juga selalu meningkat. Cara ini juga berguna untuk menemukan program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut.

 

3. Ketahui Keuntungan dan Konsekuensi Pilihan

Dalam memilih sebuah jurusan, pastikan kamu tahu secara jelas apa saja keuntungan dan konsekuensi yang akan kamu dapatkan. Kalau kamu sudah siap dengan hal tersebut, kamu pasti mampu menerima konsekuensinya. Karena dengan mengetahui konsekuensi, kamu akan lebih siap dalam menerima apapun pembelajaran yang akan diberikan nantinya. Selain itu, kamu juga bisa memikirkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memasuki jurusan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa semakin termotivasi dalam memilih jurusan kuliah.

 

4. Lakukan Riset

Lakukan riset terkait dengan jurusan yang akan kamu ambil. Riset ini akan membuat kamu semakin yakin apakah akan mengambil jurusan tersebut atau tidak. Pilihlah universitas yang menawarkan jurusan pilihanmu dengan kualitas atau akreditasi yang baik. Selain itu, reputasi universitas juga perlu dipertimbangkan. Secara tidak langsung, reputasi yang dimiliki universitas dapat menggambarkan kualitas yang dimiliki dan juga punya pengaruh untuk prospek kerja maupun langkah selanjutmu.

5. Sesuaikan biaya kuliah

Untuk biaya kuliah, setiap jurusan berbeda-beda. Ada yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah dan ada yang kurang dari sepuluh juta rupiah. Kalau kamu ingin kuliah di jurusan apa pun, pertimbangkan keuangan dari orangtua. Jangan sampai mengambil jurusan yang cukup mahal biaya pendidikannya, tapi orangtua tidak mampu membiayainya. Jadi, sebaiknya kamu diskusikan terlebih dahulu dengan orangtua terkait  pertimbangan biaya. Jika orangtua memang masih bisa mengusahakan biaya kuliah di Universitas pilihanmu, maka kamu bisa memilih Universitas tersebut. Akan tetapi, jika memang orangtua tidak mampu membiayai, maka kamu bisa berusaha mencari beasiswa.

 

Itulah beberapa prosedur memilih jurusan kuliah yang tepat. Dan perlu diingat kembali bahwa janganlah sekali-kali membuat keputusan bila kamu merasa belum yakin. Lebih baik tenangkan pikiranmu terlebih dahulu, kemudian sisihkan waktu untuk kembali bertanya kepada diri sendiri mengenai pemilihan jurusan ini guna menghindari terjadinya penyesalan. Serta jangan lupa untuk selalu meminta petunjuk kepada Allah agar diberi kemudahan dalam memilih keputusan yang tepat.

 

Nama : Qeisha Amalya Putri (15)

Kelas : XI MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar