Tips Aman Membeli Emas di Antam

Terdapat banyak cara untuk berinvestasi apalagi di saat pandemi seperti ini, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Banyak juga investasi-investasi yang berisiko tinggi sehingga masyarakat kerap menggunakan emas sebagai investasi karena dinilai minim risiko serta menguntungkan. Namun, banyak yang masih belum mengetahui cara membeli emas antam dengan aman. Dalam hal ini, saya membantu anda dengan memberikan beberapa tips aman membeli emas di Antam.

1. Periksa harga emas terbaru
Harga emas selalu berubah setiap waktunya, sebaiknya anda terlebih dahulu mengecek harga emas agar bisa memperkirakan harga emas yang akan kamu beli. Pastikan anda tidak membeli emas di harga sedang tinggi. Cara mengeceknya juga tidak sulit, kita tinggal melihat situs yang menjual logam mulia seperti Pegadaian atau Antam. PT Aneka Tambang (Antam) secara berkala mengumumkan harga emas terkini melalui situs resminya yang menjadi dasar patokan harga emas secara nasional.

2. Menghubungi kantor Antam
Apabila sudah menentukan berapa gram emas yang akan dibeli dan harganya. langkah selanjutnya ialah menghubungi kantor Antam untuk memastikan apakah emas dengan berat yang ingin anda beli tersedia atau tidak. Pasalnya banyak orang yang membeli emas setiap harinya yang umumnya adalah pedagang-pedagang toko emas. Oleh sebab itu, pastikan emas yang ingin anda beli tersedia.

3. Datang ke kantor Antam dan mengambil nomor antrian
Apabila emas yang ingin dibeli tersedia, pergi ke kantor Antam terdekat, beritahu petugas keamanan bahwa anda ingin membeli emas, selanjutnya petugas keamanan akan mengarahkanmu ke dalam ruang tunggu dan mengambil nomor antrian.

4. Siapkan dokumen seperti KTP dan NPWP
Sebelum membeli emas, petugas akan menanyakan apakah anda pernah membeli emas di Antam sebelumnya. Apabila belum pernah membeli, maka kamu akan diminta untuk menyerahkan kartu identitas yakni KTP dan NPWP. Setelah itu anda akan mendapat faktur berisi data diri anda dan jumlah emas yang sudah anda beli yang menandakan anda melakukan pembelian emas di Antam.

5. Pergi ke Loket penyerahan emas
Setelah berhasil melakukan transaksi emas, anda akan dialihkan ke loket penyerahan emas yang merupakan ruangan tertutup dengan pembatas kaca antara pembeli dengan petugas Antam, sehingga terjamin keamanannya. Setelah itu akan dicek kembali faktur dan anda akan diberikan emas sesuai berat yang anda beli. Lalu anda bisa membawa pulang emas antam.

6. Simpan nota dan sertifikat terkait kepemilikan emas
Nilai emas akan turun apabila kita tidak memiliki sertifikat terkait kepemilikan emas, baik berupa nota, kuitansi, dan sertifikat emas. Karena itu jika kita ingin menjual kembali emas tersebut, jaga baik-baik sertifikat terkait kepemilikan emas.

7. Simpan emas dengan baik
Pastikan untuk menjaga kualitas emas, baik dengan menyimpannya di rumah atau simpan dalam kotak deposit bank agar lebih aman. Selain itu bisa menyimpan emas dengan menjadikannya barang jaminan.

Itulah beberapa tips aman membeli emas di Antam, semoga bisa membantu anda yang ingin membeli emas dengan aman.



Ferdiansyah Panca Nugraha Adha
XI MIPA 2
No. 14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar