Tips Membeli dan Memilih Laptop yang Tepat

 



Tips Membeli dan Memilih Laptop yang Tepat

Laptop menjadi perangkat yang sangat membantu pekerjaan manusia. Berbagai macam fungsi yang dimilikinya memudahkan urusan banyak orang, terutama para pelajar, dosen, mahasiswa, pekerja kantoran, freelancer dan lainnya. Laptop sering disebut sebagai komputer jinjing. Ini tidak lepas dari fisiknya yang dapat dibawa ke mana-mana. Bentuknya yang kecil lebih lebih flexible dan efektif digunakan dibandingkan dengan komputer dekstop yang memakan ruang dan daya listrik. Berikut adalah tips-tips membeli dan memilih laptop yang tepat :

1.       Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pertama kita harus memperhatikan kebutuhan kita sendiri, mau dipakai untuk apa laptop yang kita beli nantinya. Contohnya laptop gaming. Jika anda lebih banyak menggunakan laptop untuk bermain game,maka pilihlah laptop dengan performa yang stabil serta kualitas tampilan jernih dan tajam.

 

2.       Perhatikan Jenis Laptop

Penting juga untuk memperhatikan jenis laptop seperti apa yang akan kita beli nanti, disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kita punya tentunya. Misal kita butuh jenis laptop kelas gaming. Maka sesuaikan dulu sama budget yang ada karena pastinya laptop jenis gaming mempunyai harga yang lebih mahal dari jenis lainnya.

 

3.       Garansi dan Service

Garansi adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan dalam memilih laptop, karena biasanya lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan suatu produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Dalam membeli laptop pastikan juga ketersediaan service center-nya. Hal ini akan mempermudah jika laptop anda mengalami masalah.

 

4.       Harga jika Dijual Kembali

Hal ini bisa dilakukan jika kita membutuhkan uang yang mendesak, kita bisa menjual laptop. Jika merk-nya itu terkenal akan kualitasnya yang bagus, maka harga jual-nya masih relatif tinggi. Maka dari itu kita juga harus bijak dalam memilih merk suatu laptop.

 

5.       Cek Fisik Laptop Sebelum Meninggalkan Toko

Hal ini sangat penting dilakukan karena bisa jadi terjadi cacat atau goresan di layar dan lainnya. Jadi cek dengan baik laptop yang akan kita beli apakah itu masih bagus atau ada cacat.

Itulah tadi beberapa tips dalam memilih dan membeli laptop yang tepat. Jadilah masyarakat yang pintar dan bijak dalam memilih sesuatu sesuai kebutuhan.

 

Nama : Anindya Eka Pangastuti

Kelas : XI MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar