TIPS MUDAH MERAWAT GIGI AGAR TETAP SEHAT

 



TIPS MUDAH MERAWAT GIGI AGAR TETAP SEHAT

Banyak orang sering mengeluh saat mengalami sakit gigi, bukan? Bahkan ada yang bilang katanya sakit gigi jauh lebih menyakitkan dari sakit hati, eh. Intinya sakit gigi itu bukan perkara yang bisa di sepelekan ya temaaan, karena sakitnya itu sungguh luar biasa.

Tidak ada orang yang mau mengalami sakit semacam sakit gigi ini, tapi tidak sedikit orang yang tidak bisa menghindarinya. Apakah semua orang pasti akan mengalami sakit gigi? Apakah sakit gigi mustahil untuk  dihindari? Tentu saja tidak, teman. Seperti ungkapan “Tidak ada ada penyakit yang tidak ada obatnya,” begitupun dengan “Tidak ada penyakit yang tidak ada penyebabnya”. Nah, penyebab ini tentu saja bisa kita hindari.

Bagaimana sih cara menghindari sakit gigi? Apa hubungan antara makanan manis dengan sakit gigi? Sulit tidak yah cara menjaga gigi agar tetap sehat? Oke untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan singkat dibawah ini sampai selesai yaa agar informasi yang didapat lengkap, karena yang lengkap itu jauh lebih berharga, hiyahiya.


1.       SIKATLAH GIGIMU SEBELUM TIDUR

Tahukah kalian, gigi kita yang kita gunakan untuk mengunyah dan menerima makanan sepanjang hari mengandung banyak plak dan kuman yang dapat dengan mudahnya menggerogoti gigi sampai bolong.

Jika sebelum tidur kita tidak menggosok gigi, apa yang akan terjadi? Kuman akan lebih leluasa mengambil kesehatan gigi kita saat kita tidur. Itulah kenapa menggosok gigi sebelum tidur sangatlah penting dilakukan. Toh hanya 5 menit selesai kok. Tapi efeknya bisa menyelamatkan hidupmu, hehe.

 

2.       BATASI KONSUMSI MAKANAN YANG MANIS

Nah part ini akan menjawab pertanyaan kita nih, kenapa kok bisa makanan manis mempengaruhi kesehatan gigi? Jawabannya adalah karena makanan yang manis akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut. Nah asam inilah yang sangat berbahaya karena sifatnya korosif terhadap gigi dan bisa menyebabkan gigi berlubang.

Berarti kita tidak boleh makan makanan manis sama sekali dong demi kesehatan gigi?  Jika kita tidak makan makanan manis sama sekali dalam hidup kita, yang ada malah penyakit lain yang datang. So, kita hanya perlu membatasi dan mengontrolnya saja agar tidak over dan menyebabkan gigi kita rusak.

 

3.       MINUM LEBIH BANYAK AIR PUTIH

Apa istimewanya sih air putih itu? Kenapa kita harus banyak minum air putih padahal tidak ada rasanya? Tubuh kita terdiri dari 70% air, otomatis membutuhkan lebih banyak air karena setiap hari ada air yang dikeluarkan. Nah tubuh kita hanya menganggap air yang benar-benar cairan itu hanya air putih, selebihnya meskipun berbentuk cair dan diminum, jika ada rasanya maka akan dianggap makanan.

So, apa hubunganya dengan kesehatan mulut? Air putih akan membasuh kotoran yang tertinggal dimulut, jadi mulut kita akan bersih dari kotoran yang mungkin mengandung kuman berbahaya untuk gigi. Banyak-banyak minum air putih ya temaaann!!!

 

4.       MENGGUNAKAN PASTA GIGI YANG MENGANDUNG FLUORIDE

Fluoride itu apa? Fluoride adalah zat atau bahan yang ada dalam pasta gigi yang berfungsi untuk memerangi kuman berbahaya dalam gigi.

Apakah semua pasta gigi pati mengandung fluoride ini? Jawabannya tidak teman, tidak semua pasta gigi mengandung fluoride. Jadi tantangan kita sebagai pembeli yang ingin menjaga gigi agar sehat yaitu melihat ingridients atau bahan apa saja yang ada dalam pasta gigi yang akan kita beli. Yaa hitung-hitung menerapkan materi pelajaran Bahasa Indonesia laah, ehe.

 

5.       MAKAN BUAH DAN MAKANAN YANG KERAS

Teman-teman pasti sering mendengar ungkapan “Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai.” Sama halnya dengan cara merawat gigi yang satu ini nih.

 Jangan membiasakan selalu makan makanan yang lembek sejak dini, karena makanan yang lembek akan membuat kita terbiasa dengan itu, hasilnya apa? Gigi kita akan jauh lebih kesulitan saat harus mengunyah makanan yang keras.

Akibat tidak terbiasa makan makanan yang keras, maka saat harus memakan makanan yang keras kita akan memaksakan gigi kita. Pemaksaan itu akan merusak gigi kita secara perlahan. Tentu saja tidak mau kan gigi rusak hanya karena makan buah apel?

 

Nah itulah sedikit penjelasan singkat tentang tips mudah merawat dan menjaga gigi agar tetap sehat. Mudah dan tentunya dapat dilakukan oleh siapapun kan? So, jangan malas-malas untuk merawat gigi ya teman, karena sesuatu yang selalu kita sayangi dan kita jaga, maka akan kembali menyayangi dan menjaga kita.

Semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi teman-teman semua untuk rajin merawat gigi yaa, terimakasih.

 

 

Afani Rizka Aulia

XI MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar