Tips Memilih Laptop


Dalam memilih sesuatu, pasti kita harus menentukan pilihan yang tepat dan tidak bisa asal memilih. Dibawah ini adalah beberapa tips untuk memilih laptop bagi anda yang hendak atau berniat membeli laptop supaya sesuai kebutuhan anda. 

Tips memilih laptop:

I. Laptop windows

1. Mengenal detail spesifikasi dan kapasitas peningkatan

Anda perlu mengenal processor secara detail dari sebuah laptop. Sebab satu jenis processor saja sudah memiliki jenis yang berbeda. Itu baru processor. Belum lagi jika berbicara tentang kartu grafis, ada yang terintegrasi ada pula yang diskrit. Dengan mengetahui spesifikasi detail anda dapat menentukan mana laptop yang dapat anda tingkatkan performa dan peningkatannya seiring penggunaan anda. 


2. Mengenali jenis laptop

Perlu diingat bahwa kelas pada latop tergantung pada fungsinya. Anda perlu mengesampingkan harganya karena satu kelas laptop bisa berasal dari produsen berbeda.

a. Laptop entry level

Laptop entry level merupakan laptop yang cukup direkomendasikan apabila anda baru berkecimpung di dunia digital dan hanya ingin mencicipinya. Namun apabila anda menginginkan untuk dipakai jangka Panjang, pastikan pekerjaan yang anda lakukan tidaklah berat. Hal ini terjadi lantaran fitur yang dimiliki adalah fitur lama yang hadir dahulu pada notebook kelas atas. Laptop entry level juga kerap disebut notebook yang kurang seimbang karena jika sebuah notebook entry level memiliki fitur yang terbaru dengan performa yang baik, pasti ada hal yang dipangkas. Laptop entry level juga sering hadir dengan desain yang konvensional. Berbadan tebal dan berat. Bahkan aksesori bawaan nya pun memiliki kualitas yang buruk


Laptop Middle Range

Bisa dibilang laptop ini adalah jenis laptop yang ideal untuk digunakan sehari hari dengan pemakaian yang membutuhkan performa komputasi yang cukup berat. Keberanaan kelas laptop middle range menjadikan produsen terdorong untuk berperang. Terutama secara harga yang cukup terjangkau berbanding kualitas yang menjanjikan. Dalam kelas laptop ini terdapat pula laptop dengan spesifikasi layaknya pc. Atau biasa disebut dengan desktop replacement. Meskipun desktop replacement bisa ditingkatkan performanya, namun bobot dan desainnya membuatnya tidak dikategorikan sebagai laptop premium. 

b. Laptop bisnis premium

Bisnis di dalam ruangan tentu erat kaitannya dengan kesan prestisius. Maka dari itu produsen laptop berlomba-lomba memberikan desain terbaik yang mereka miliki. Tak jarang pula laptop kelas ini memiliki performa yang kencang serta daya tahan baterai yang baik untuk menunjang portabilitas penggunanya. Secara garis besar laptop bisnis premium beberapa sudah disertifikasi sebagai laptop Intel Project Athena.

- Laptop bisnis 

Biasanya didesain secantik mungkin agar menjaga wibawa dari sang pengguna. Laptop bisnis premium adalah satu-satunya laptop yang lolos sertifikasi Intel Project Athena. Adapun laptop bagi pelaku bisnis desain grafis memiliki tempat tersendiri dikarenakan adanya kartu grafis diskrit tertentu yang mengharuskan bobotnya menjadi berat dan ukurannya menjadi besar serta konsumsi daya yang besar

Mengenali laptop berdasarkan profesi

Setelah mengenal kelas-kelas laptop tentu memudahkan anda dalam melihat perbedaan laptop secara fungsi. Sekarang mari kita lihat dari segi profesi.

a. Pelajar regular

Pilihlah laptop entry level. Biasanya akan bertahan lama jika memang digunakan untuk hal-hal ringan seperti belajar program dasar seperti Microsoft Office atau hanya sekedar belajar Bahasa programming. Processor yang digunakan pun adalah processor entry level seperti Intel Celeron dan Pentium atau AMD A series sehingga terasa produktif meski untuk hal-hal kecil. Karena pelajar reguler tidak membutuhkan pengolahan grafis yang berat maka kartu grafis terintegrasi seperti Intel HD Graphic atau setara sudah cukup. Rekomendasinya untuk tahun 2020.


b. Pelajar multimedia

Pilihlah laptop middle range dengan performa yang tinggi namun dengan harga yang cukup terjangkau. Bedanya untuk pelajar multimedia membutuhkan kartu grafis untuk mengolah grafik yang cukup bear. Daya baterai pun cukup terjamin karena teknologi dual graphics yang mengombinasi kartu grafis integerasi dan kartu grafis diskrit. Adapun kombinasi yang paling sering adalah Intel HD Graphic dengan NVIDIA seri MX, GTX, dan RTX.

c. Untuk pebisnis reguler

Pilihlah laptop bisnis premium karena itu akan mengakomodasi kebutuhan anda dan melayani dimanapun anda berpergian. Selain itu desainnya yang cantik menjaga kharisma yang anda miliki. Biasanya laptop premium mengombinasikan processor hemat daya dengan kartu grafis hemat daya pula seperti Intel seri U dan kartu grafis kombinasi Intel UHD Graphic dan NVIDIA seri MX.

d. Untuk pebisnis desain grafis

Akan sangat direkomendasikan untuk menggunakan laptop premium dengan performa maksimal meski pun akan sedikit menyulitakan dalam hal portabilitas. Dayanya yang boros juga mempersempit ruang gerak anda. Adapun kombinasi yang biasa digunakan untuk processor dan kartu grafisnya adalah Intel Xeon dengan kartu grafis kombinasi Intel UHD Graphic dan NVIDIA seri Quardo.

e. Untuk penjelajah

Hanya sedikit memang yang menyediakan laptop dengan ketahanan luar biasa. Secara garis besar mirip dengan laptop midrange namun dibangun dengan bahan yang berbeda dan tentunya lebih kuat. Untuk beberapa jenis ada yang disertifikasi tahan air dan debu bahkan guncangan sekalipun.


II. Macintosh

Macintosh merupakan laptop keluaran Apple yang paling berbeda terutama secara penggunaan system operasi. Jumlahnya lebih sedikit memudahkan anda dalam memilihnya.


1. MacBook Air

Merupakan seri paling rendah dan paling menunjang portabilitas. Kartu grafisnya terintegerasi langsung serta penggunaan processor hemat daya buatan Intel dapat menunjang kebutuhan bisnis ringan atau pelajar reguler. Namun laptop ini telah dirancang oleh Apple agar memiliki spesifikasi sederhana namun memiliki performa yang lebih kencang dibangdingkan laptop windows.

2. MacBook Pro 13”

Masih memegang portabilitas namun dengan performa yang kencang. Memiliki kartu grafis diskrit membuat pengolahan grafis menjadi lebih baik daripada MacBook Air. Port i/o yang disediakan pun lebih banyak. Serta hadirnya fitur TouchBar yang memudahkan pekerjaan anda serta menciptakan workflow yang dinamis.

3. MacBook Pro 16”

Memiliki performa yang paling tinggi dan bentang layar paling lebar. Dibangun untuk kebutuhan pebisnis desain grafis kelas atas. Tersedia beberapa model dengan processor yang memiliki core dalam jumlah yang banyak serta kartu grafis diskrit yang terbaik buatan Amd seri Radeon.

Jadi, pemilihan laptop bukan melulu soal harga. Kita perlu melihat dan memahami lebih dalam mengenai kebutuhan kita. Karena laptop dengan kebutuhan yang sama bisa jadi memiliki harga yang jauh diatas laptop dengan kebutuhan yang berbeda. Dengan itu semua, kita jadi tidak salah pilih lagi dalam mencari laptop yang tepat dan sesuai kebutuhan.


Fawwaz Afkar

XI MIPA 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar