“Tips Menggunakan Gawai agar tidak Merusak Mata”

 

Nama                    :  Edenia Evelina Larisa

Kelas                     : XI MIPA 3

Nomor absen    : 9


“Tips Menggunakan Gawai agar tidak Merusak Mata”

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin dikembangkan. Semua orang semakin bertambahnya modernnya zaman semakin sering menggunakan barang barang berteknologi. Salah satu contoh barang berteknologi yang selalu dipegang, dibawa, digunakan  bahkan sampai menjadi sahabat, sahabat tangan kita terutama, bila tidak ada di tangan rasanya ada yang kurang dan selalu dicari. Tanpa diketahui gawai bisa menjadi pemicu adanya kerusakan mata kita, sebagai manusia yang bertumbuh dan berkembang  tentu harus pandai dalam mengatasinya.  ada beberapa tips untuk menghindari adanya kerisakan mata saat menggunakan gawai, diantaranya:

1.     1.  Hindari penggunaan secara berlebihan dan batasi waktu penggunaan gawai. cara membatasinya bisa        menggunakan aplikasi dalam bersosial media, maksimal 1 jam setiap harinya.

2.      2.  Istirahatkan matamu setidaknya setiap 20 menit sekali saat mengguanakan gawai secara terus-                menerus.

3.      3.  Ambil waktumu sekitar 20 detik untuk melihat kejauhan dalam radius sektiar 20 kaki atau 6 meter.

4.     4.   Jangan gunakan gawai dalam jarak yang terlalu dekat! Sebaiknya, beri jarak sekitar 30-45 sentimeter     antara layer gadget dan mata.

5.      5..  Ketika bermain gawai terlalu serius, anda bisa lupa untuk memejamkan mata. Seringlah berkedip             ketika sedang fokus dengan gawai, supaya mata tidak menjadi kering.

6.      6.  Pijat bagian sudut mata untuk mengatasi mata lelah setelah lama menatap layer gawai. Gunakan              tanganmu setelah cuci tangan untuk memijat bagian sudut mata dekat hidung dengan Gerakan                 memutar secara lembut.

7.      7.  Jangan menggunakan pencahayaan terlalu terang pada layer gawai, redupkanlah cahaya dilayar gawai     serendah mungkin agar mata tidak bekerja terlalu keras.

         Gawai memang memberi kemudahan di dalam kehidupan manusia. Namun, jangan sampai terlena sehingga menggunakannya secara berlebihan tanpa memperhatikan kondisi dan kesehatan mata.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar