Apogee Bulan

Apogee bulan atau yang lebih dikenal dengan mini moon merupakan fenomena yang terjadi dimana kondisi bulan berada di titik paling jauh dari bumi. Bulan akan berada pada posisi terjauh dari Bumi dengan jarak 404.158 kilometer dari Bumi (pusat ke pusat). Diameter Bulan yang tampak ketika apogee kali ini, sekitar 29,56 menit busur dengan iluminasi 51,8 persen. Bulan terletak di konstelasi Pisces dan dapat diamatai dengan mata telanjang pada ketinggian 39,3 di atas ufuk dari arah Timur, tepatnya 80,3 derajat.

Fenomena ini bisa terjadi karena orbit bulan berbentuk lonjong, posisi bulan ada kalanya terdekat dengan Bumi (perigee) dan ada kalanya terjauh (apogee). Fenomena itu bisa terjadi setiap bulan. Tepat pada tanggal 9 Agustus 2020 telah terjadi peristiwa apogee bulan. Fenomena ini terjadi secara alami dan tidak ada dampak signifikan terhadap bumi. Selain pada tanggal tersebut peristiwa ini juga pernah terjadi pada tanggal 27 April 2018. Tetapi bedanya pada tanggal 27 April 2018 peristiwa apogee bulan ini diikuti oleh peristiwa gerhana bulan pada malam yang sama. Itu artinya para pengamat di Bumi bisa menyaksikan gerhana bulan total apogee atau yang disebut Bulan Mini Merah Bata atau Bulan Mini Merah Darah.Pada papasan terjauh ini, Bulan akan berada pada jarak 406.223 km dari Bumi. Meski terdapat perbedaan 14 jam 38 menit dan Bulan terus bergerak mengorbit Bumi, Bulan masih menjauh 21.823 km dan piringan Bulan akan tampak 5,6% lebih kecil dibanding rata-rata.  Jika dibandingkan dengan Bulan saat berada pada jarak terdekat dari Bumi, piringan Bulan akan tampak 11,2% lebih kecil. Karena itu, pengamat bisa mengamati Gerhana Bulan Total Apogee dengan Bulan tampak merah gelap dan lebih kecil dari biasanya. Karena berada pada jarak terjauh, gerak Bulan juga lebih lambat. Dipadu dengan posisi Bumi di aphelion atau paling jauh dari Matahari, maka pengamat bisa  menyaksikan gerhana bulan total paling lama abad ini.

Dapat diartikan bahwa peristiwa ini terjadinya secara ilmiah atau alami dan tidak terlalu berdampak terhadap bumi. Peristiwa ini juga sering kali dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Tetapi ada beberapa peristiwa apogee bulan yang langka yaitu apogee bulan yang diikuti gerhana bulan. Peristiwa terjadi dapat terjadi disaat bulan berada di titik terjauh dari bumi dan juga bulan tertutup bayangan bumi. Apogee bulan tidak selalu berbentuk bulan purnama atau bulan baru. Fenomena apogee bulan purnama juga termasuk salah satu fenomena yang jarang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar