Resensi Cerpen "Utang Untuk Foya-Foya"







"Belajar Hal Baik dari Sebuah Cerpen"

 

A.     Identitas Cerpen

Judul Cerpen : Utang untuk Foya-Foya

Nama Pengarang : Khuswatun Khasanah

Penerbit : Ruang Sastra, Cerpen Republika

Tanggal Terbit : 4 April 2021


B.      Sinopsis Cerpen

Cerpen ini menceritakan seorang istri bernama Sinta yang akhirnya diperbolehkan bekerja lagi oleh suaminya semenjak menikah. Pada suatu hari teman kantornya yang bernama Lastri ingin meminjam uang untuk biaya pengobatan ayahnya, maka dari itu Sinta segera meminjamkannya. Akan tetapi sebenarnya Lastri tidak menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan keluarganya, melainkan untuk bersenang-senang.

Semua perbuatan Lastri akhirnya terungkap. Cerpen ini terlihat sederhana sehingga maksud yang ingin penulis sampaikan dapat tersampaikan dengan jelas. Lalu bagaimana Sinta tahu bahwa Lastri berbohong? Mari kita simak kisah selanjutnya dengan membaca kelanjutan cerpen ini.

 

C.      Keunggulan Cerpen

Penulis menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami sehingga kita seolah-olah menjadi tokoh yang ada dalam cerpen tersebut. Emosi dan perasaan dari tokoh di dalamnya juga bisa turut kita rasakan dengan sempurna. Watak dan karakter tiap tokoh pun digambarkan dengan sangat baik. Cerpen ini juga memuat nilai moral baik yang bisa kita ambil dan terapkan di kehidupan sehari-hari.

 

D.      Kelemahan Cerpen

Cerita ini menggantung, tidak ada kejelasan di paragraf terakhir. Pembaca akan merasa sedikit kebingungan dengan maksud penulis yang disampaikan lewat perilaku tokoh di kalimat terakhir. Akhirnya alur cerita menjadi sedikit aneh dan kurang pas karena pemilihan diksi yang kurang sesuai.

 

E.       Rekomendasi

Cerpen ini sangat direkomendasikan untuk dibaca karena di dalamnya mengandung pesan baik mengenai kehidupan. Alur ceritanya juga mudah dipahami sehingga kita yang membaca tidak akan bosan.


Nama : Anindya Eka Pangastuti

Kelas : XI MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar