Resensi Buku A Handbook For Insecurity

 

 Resensi Buku A Handbook For Insecurity

 


Identitas buku

Judul               : A Handbook For Insecurity

Penulis            : D. Tri Utami

Penerbit           : Penerbit Brilliant

Tahun terbit    : 2021

Tebal               : x + 180 halaman

 

 

Pendahuluan

D. Tri Utami, seorang penulis yang berdomisili di Yogyakarta. Sejak sd ia memiliki ketertarikan pada dunia literasi, mulai dari membaca hingga menulis. Saat itu, ia hanya senang untuk menulis puisi atau menceritakan kesehariannya melalui buku harian. Di bangku kuliah, ia mulai mengembangkan hobi menulisnya dan mempelajari cara membuat kerangka tulisan sistematis dan terstruktur. Selain tulisan akademis, ia juga menulis cerita serta kisah sehari-hari di blog pribadinya, dtriutami.blogspot.com. Pada 2018, ia mendapat kesempatan untuk belajar mengenai content article dan ia mendapat kesempatan untuk menjadi  freelance content writer di sebuah agensi. Di samping menulis konten untuk perusahaan dan brand local, ia juga menulis cerpen fiksi, puisi, serta senandika. Ketertarikannya dalam mengamati kehidupan menjadikan ia terinsprisasi untuk belajar lebih banyak tentang Kesehatan mental, cara hidup, dan membuat tulisan bertema self improvement.

 

Ringkasan Isi Buku

Pernahkah kamu merasa sedih atau kosong? Lalu, tanpa kamu sadari air mata keluar begitu saja. Atau, pernahkah kamu merasa sesak, kemudian menangis sesenggukan, dan baru berhenti setelah lelah? Lalu. Di lain hari kamu merasa harimu menjadi sangat berat dan membuat hatimu tertekan. Dan, terkadang kamu tak benar-benar mengerti apa yang membuatmu menangis. Adakalanya menangis karena harimu berjalan tak sesuai harapan atau menangis karen amerindukan seseorang., dan yang paling aneh,menangis tanpa alasan. Pernah kan, kamu begitu? Lalu, tahukah kamu mengapa kamu meraskannya?

 Orang-orang menyebutnya dengan kata insecure. Katanya, orang dengan perasaan insecure akan merasa inferior, takut, cemas, dan khawatir. Katanya, perasaan insecure ini bisa mengubah kehidupanmu dan membuat dirimu menjadi pribadi yang destruktif. Apakah benar begitu? Normalkah jika seseorang merasa insecure? Buku ini akan membantumu mencari tahu lebih banyak tentang perasaan insecure.

 

            Buku yang terdiri dari 5 bab dan berisi urut dari mengenal apa itu insecure hingga mengejar kebahagiaan. Dimulai dari bab pertama, mengenal apa itu insecure, dibab ini dijelaskan mengenai apa arti insecure dan mengenal apa ituemotional security dari sudut pandang psikolog hingga pembahasan neurologi. Terdapat juga beberapa gejala-gejala insecure untuk mengecek apalah pembaca memiliki beberapa dari gejala-gejala tersebut atau tidak.

Bab kedua berjudul selfish, disini dijelaskan melalu cerita sang penulis apakah kita mengalami insecure atau kita hanya egois dengan perasaan sendiri atau bisa jadi insecure yang terjadi disebabkan oleh keegoisan kita terhadap pikiran sendiri.

Bab ketiga berjudul kenali dirimu, dari judul saja sudah jelas di bab ini membantu pembaca untuk mencoba mengenali diri sendiri terlebih dulu. Dengan mengenali diri sendiri, kita bisa mengetahui penuyebab perasaan insecure yang di alami oleh pembaca. Di bab ini juga membahas tentang luka dari masa kecil dan cara mengobati luka itu, hingga cara untuk membentuk inner adult.

Bab keempat berjudul self love. Di bab ini dijelaskan pengertian cinta dan jenis-jenis cinta yang kita kenal. Lalu terdapat beberapa cara untuk mencintai diri sendiri

Bab kelima berjudul pursuit of happiness, untuk membentuk kebahagiaan dijelaskan di bab ini, kita bisa menciptakan suasana hangat,kebahagiaan dalam takaran yang tepat dan mencari alas an hidup kita.

 

Ulasan Buku

Keunggulan buku :

            Buku ini memiliki banyak tips dan beberapa quotes yang bisa memotivasi pembaca, dan juga terdapat pembatas buku jadi, pembaca tidak perlu melipat buku atau menggunakan sesuatu untuk menandai bacaan yang sudah dibaca itu sampai mana.

 

Kelemahan buku :

            Buku ini kurang variasi gambarnya, dan juga dalam menjelaskan terkadang disisipkan cerita/kisah penulis yang menggunakan kata dan kalimat yang susah dipahami, tetapi terlepas dari itu kita para pembaca jadi bisa mengetahui kisah yang penulis tuliskan.

 

Penutup

            Buku a handbook for insecurity ini merupakan buku yang sangat menarik dan cocok untuk dibaca untuk kalian yang suka membac buku mengenai self improvement. Kita bisa mengetahui apa itu perasaan insecure dan tips-tips nya sangat berguna untuk para pembaca dan bisa diterapkan di kehidupan pembacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar