Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan

 

Judul : Surat Kecil untuk Tuhan

Pengarang : Agnes Davonar

Penerbit : Inandra Published

Tahun Terbit : 2008

Tebal Buku : VII + 232

Sinopsis

Surat Kecil untuk Tuhan bercerita tentang seorang gadis bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke yang merupakan pejuang kanker rhabdomyosarcoma. Ia baru berusia 13 tahun ketika mengidap penyakit tersebut. Keke lahir dikeluarga yang berada, namun tidak utuh. Orang tuanya bercerai dan ia harus hidup bersama ayah dan dua kakak laki-lakinya. Prestasi akademik maupun kehidupan sosial Keke sangat baik. Ia memiliki banyak teman dekat dan kekasih yang menyayanginya. Sayangnya, kehidupannya yang damai mendadak runtuh setelah ia didiagnosis mengidap kanker ganas bernama rhabdomyosarcoma. Penyakit yang awalnya "hanya-sakit-mata" itu perlahan-lahan merenggut banyak hal dari Keke, termasuk kehidupan sekolahnya yang normal dan penampilan fisiknya. Selama tiga tahun hidup dengan kanker ganas, Keke selalu dihantui dengan bayang-bayang kematian. Ia kemudian memutuskan menulis surat kecil kepada Tuhan berisi berbagai permohonan, termasuk keinginannya untuk sembuh, tumbuh dewasa, hingga agar tidak ada lagi orang yang bernasib sama dengannya.

 

Kelebihan

Pemilihan bahasa kiasan yang tepat juga alur yang menarik membuat pembaca ikut terhanyut pada cerita ini. Novel yang menginspirasi pembacanya untuk terus semangat menjalani hidup.

 

Kekurangan

Secara kasat mata hampir novel berjudul Surat Kecil untuk Tuhan ini tidak memiliki cacat di dalamnya. Akan tetapi setiap karya sastra novel tentu tak ada satupun yang luput dari penilaian yang akan membuahkan sebuah kritikan, tak terkecuali pada novel karya Agnes Davonar ini. dalam hal redaksional, novel ini masih terdapat kesalahan dalam penulisan. Selain itu juga terdapat diksi yang tidak tepat, kurang menarik, dan sulit untuk dimengerti. Disamping itu terdapat pula kalimat yang bermakna ganda yang seringkali menimbulkan penafsiran yang berbeda dari yang dimaksudkan oleh penulisnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar