Resensi Cerpen Gantung Pena

 

Resensi Teks Cerpen

Identitas cerpen

Judul            : Gantung Pena

Penulis         : Kak Ian

Penerbit       : Radar Madiun

Tahun terbit  : 2022

Sinopsis cerpen

Tokoh aku sebagai tokoh utama menggambarkan seorang anak yang bercita-cita menjadi penulis. Ia mengirimkan sebuah karya tulisan melalui kantor pos agar dimuat di koran. Disisi lain, sang ibu melarang anaknya untuk menjadi penulis. Kenyataannya cita-citanya terkabul. Ia berhasil menjadi penulis dan karya-karya yang ia kirim melalui kantor pos dimuat di berbagai koran. Tetapi sang ibu masih kukuh pada pendiriannya, masih melarang menjadi penulis.

       Selain menjadi penulis, ia  mempunyai usaha sampingan yaitu mempunyai  toko online. Usaha sampingan yang dimiliki tidak lantas membuat ibu menyukai pilihannya saat ini. Memang, ibu tidak pernah menghardik atau meremehkan tulisan-tulisan yang ia hasilkan. Ia tahu ibu adalah pribadi yang mulia dan bijak. Ibu adalah  seorang mantan redaktur di surat kabar. Tetapi, surat kabarnya gulung tikar. Akhirnya ibu kembali menjadi seorang ibu rumah tangga biasa mengurus anak semata wayangnya yang ingin meneruskan impiannya itu. 


Keunggulan cerpen 

Penokohan dan alur  pada cerpen terarah sehingga mudah dipahami. Konflik yang disajikan  sederhana. 


Kekurangan cerpen 

Terdapat kosakata yang tidak familiar sehingga menyebabkan pembaca tidak memahami makna kata kosakata tersebut.

Rekomendasi 

Cerpen ini cocok dibaca oleh semua kalangan karena memiliki cerita yang dapat memotivasi untuk selalu semangat dalam menggapai mimpinya dan dapat dijadikan bacaan selingan di waktu luang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar