Mencari Rumus Barisan Aritmatika Bertingkat Tiga

 




Barisan aritmatika merupakan barisan berpola yang berpatok pada penjumlahan. Barisan ini dapat bertingkat. Kita mungkin sudah sering mendengar barisan aritmatika bertingkat dua. Lalu, seperti apa rumus barisan tingkat tiga? Bagaimana cara menemukannya? Pada artikel ini, kita akan melihat cara menemukan rumusnya.

Rumus umum dari barisan aritmatika bertingkat tiga yaitu:

Tentunya cara mencari rumus dari barisan aritmatika bertingkat tiga ada caranya sebagaimana barisan aritmatika bertingkat dua. Berikut cara mencari rumus dari barisan aritmatika bertingkat tiga.

1. Pastikan barisan yang ada memiliki panjang hingga 4 suku. Siapkan 5 suku untuk memastikan bahwa barisan tersebut bertingkat 3.

2. Tulislah setiap selisih satu suku dengan suku berikutnya di bawah barisan. Kita namakan barisan baru ini barisan kedua.

3. Hitung dan tulislah juga selisih antara dua selisih yang sudah didapat pada barisan di bawahnya lagi menjadi barisan ketiga.

4. Lakukan sekali lagi untuk membuat barisan keempat. Dipastikan semua suku barisan keempat adalah sama.

5. Pada barisan keempat, hitunglah nilai a dengan rumus 6a = k, di mana k sama dengan suku pada barisan keempat.

6. Selanjutnya hitunglah nilai b dengan rumus 12a + 2b = k, di mana k sama dengan suku pertama barisan ketiga. Subtitusikan juga nilai a yang sudah didapat.

7. Lakukan sekali lagi untuk mencari nilai c dengan rumus 7a + 3b + c = k, di mana k sama dengan selisih paling kiri barisan kedua. Subtitusikan pula nilai a dan b.

8. Pada barisan pertama/barisan awal, carilah nilai d dengan rumus a + b + c + d = k, dimana k sama dengan suku pertama barisan awal.

9. Subtitusikan nilai a, b, c, dan d yang telah didapat pada rumus umum barisan aritmatika bertingkat tiga. Rumus barisan telah didapat.


Nama: Muhammad Nafis Habibi

Kelas: XI MIPA 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar