Tips Management Keuangan Untuk Pelajar

 


Tips Management Keuangan Untuk Pelajar

Beberapa pelajar pasti merasa kesulitan dalam memanage keuangannya, apalagi dengan kebutuhan sekolah dan gengsi yang meningkat. Jika seseorang tidak bisa mengatur keuangannya sejak dini, hal ini pasti akan terbawa hingga ia dewasa. Maka dari itu, mengatur atau memanage keuangan harus dibiasakan. Adapun cara mengaturnya pasti setiap orang memiliki caranya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa cara untuk management keuangan.


1. Menjaga pola makan

Apa hubungannya menjaga pola makan dengan management keuangan? Jadi, ketika kamu menjaga pola makan, kamu akan berusaha untuk mengurangi jajan di luar rumah. Kamu bisa membawa bekal dan makan siang dari rumah. Dengan demikian, pola makanmu akan terjaga dan kamu bisa menghemat uang sakumu.

2. Menabung

Dengan menghemat uang sakumu, tentunya kamu akan lebih mudah untuk menabung. Uang saku yang tersisa hendaknya segera ditabungkan sebelum digunakan untuk  jajan. Kamu bisa memulai dengan jumlah yang sedikit tapi rutin dan mulai naik  jumlahnya seiring berjalannya waktu. 

3. Jauhi pusat jajanan

Karena jika kamu berada di tempat-tempat seperti itu kamu akan mudah tergoda dengan tampilan makanan yang menggiurkan dan akhirnya kamu membelanjakan uang yang seharusnya kamu tabung untuk membeli jajanan tersebut.

4.  Buat daftar barang yang dibutuhkan

Kamu bisa membuat daftar barang-barang yang kamu butuhkan dengan mencantumkan harganya. Misalnya, dalam sehari kamu membeli perlengkapan sekolah sekian, kas kelas sekian, jajan yang kamu butuhkan sekian, dan lain sebagainya.

5. Beli barang yang paling penting

Setelah kamu membuat daftar barang yang dibutuhkan, kamu harus mematuhidaftar yang sudah kamu buat dengan tidak membeli barang-barang yang tidak ada di dalam daftar tersebut. Kecuali jika barang tersebut benar-benar penting dan kamu butuhkan secara mendadak. Dengan begitu kamu bisa mengontrol pengeluaran dan maksimal dalam menabung.

6. Bijak dalam menggunakan aplikasi belanja online

Generasi sekarang tidak lepas dari penggunaan internet dan teknologi yang selalu berkembang pesat. Contohnya adalah aplikasi belanja online yang memudahkan semua orang untuk membeli kebutuhan pokok melalui internet. Akibatnya membuat generasi sekarang menjadi konsumtif. Terlebih jika ada promo gratis ongkir, cashback, dan flash sale. Kamu harus paham tentang kegunaan aplikasi ini, supaya bijak dalam mengatur keuangan dengan menahan keingingan membeli barang barang yang tidak dibutuhkan.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri hingga uang jajan yang kamu dapat dari orang tuamu  tidak kamu belanjakan sama sekali dan kamu tabung semuanya. Demikian beberapa tips mengontrol keuangan yang bisa kamu lakukan dan memudahkanmu dalam menabung sehingga kamu bisa menabung untuk bisa membeli barang impianmu.



Emilia Fauziyah

XI MIPA 4 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar