Pemanasan Global



Pemanasan global atau global warming adalah peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi pada bagian atmosfer bagian laut dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat selama beberapa tahun terakhir. Kenaikan suhu ini dapat merubah iklim sehingga menyebabkan perubahan cuaca yang dapat menyebabkan peningkatan dan perubahan curah hujan, angin, badai, dan terjadinya bencana alam.

 

Pemanasan global disebabkan oleh banyak faktor, terutama oleh ulah manusia. Penyebab pemanasan global dikarenakan adanya efek rumah kaca, polusi kendaraan, penggunaan listrik secara berlebihan, perusakan hutan, pembakaran sampah dan sebagainya. Pemanasan global juga memiliki dampak bagi kehidupan. Diantara dampak pemanasan global adalah mencairnya es di kutub, curah hujan yang meningkat, menyebabkan kekeringan, dan lain-lain.

 

Pemanasan global dapat diatasi apabila manusia memiliki kesadaran untuk mengurangi penyebab pemanasan global, seperti, mengurangi kendaraan bermotor, tidak boros dalam menggunakan listrik, melakukan reboisasi, menggunakan teknologi ramah lingkungan, mengurangi pemakaian plastik, menggunakan energi alternatif, dan lain sebagainya.

 

Pemanasan global merupakan permasalahan yang menjadi sorotan utama di dunia. Pemanasan global memang sulit diatasi, namun kita bisa mengurangi efeknya. Penanggulangannya adalah dengan kesadaran kita terhadap kehidupan bumi di masa depan. Apabila kita bisa lebih mempedulikan bumi ini, maka pemanasan global akan sedikit demi sedikit teratasi.

 

Nadya Ulya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar