Resensi Buku Pembunuhan di Orient Express

 



 A.  Identitas Buku

Judul: Pembunuhan di Orient Express

Penulis: Agatha Christie

Jumlah halaman: 360

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Penerjemah: Gianny Buditjahja

Terbit: November 2017

ISBN:  9789792229806

 

B B.  Sinopsis

Murder on the Orient Express menceritakan kisah detektif terkenal Hercule Poirot yang telah menyelesaikan suatu kasus di Yerusalem. Lelah menyelesaikan kasus pembunuhan, ia pun bersiap bertolak ke London. Untuk itu, ia memesan tiket di kereta mewah Orient Express yang berangkat malam itu.

Kereta penuh dengan penumpang papan atas, terdiri dari seorang wanita modis Caroline Hubbard, pebisnis Edward Ratchett bersama sopirnya Edward Masterman dan sekretaris Hector McQueen, Putri Rusia Natalia Dragomiroff dan pelayannya yang berasal dari Jerman, Hildegarde Schmidt, diplomat Count Rudolf Andrenyi dan istrinya Elena. Penumpang lainnya adalah dokter John Arbuthnot, pengasuh bernama Mary Debenham, misionaris bernama Pilar Estravados, pebisnis mobil Biniamino Marquez, dan seorang profesor bernama Gerhard Hardman. Sementara itu, Pierre Michel bertugas sebagai kondektur Orient Express.

Perjalanan Hercules Poirot awalnya berjalan lancar. Namun, keinginannya untuk bersantai buyar. Ditengah perjalanan, Ratchett menemui Poirot dan menceritakan bahwa dirinya beberapa kali mendapatkan surat ancaman. Saat kereta berhenti akibat terhalang salju, Samuel Ratchett ditemukan tewas dengan luka tikam di dadanya. Siapa pembunuh Samuel Ratchett?

 

C C.  Kelebihan

1.      Plot buku sangat menarik dan original

2.      Pemaparan fakta-fakta sangat jelas

3.      Memberikan kesempatan pada pembaca untuk berpikir kritis dan bebas berimajinasi

4.      Endingnya memuaskan dan tidak bisa ditebak, termasuk plot twist nya

 

D.    D. Kekurangan

1.      Tokoh dalam cerita sangat banyak

2.      Gaya bahasanya terlalu formal

3.      Ada beberapa bahasa asing yang sulit dipahami



Nama: Naja Alifa Najmina

Kelas: XI MIPA 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar