Resensi Novel Petjah

 


A. Identitas Buku

Judul buku: Petjah

Pengarang: Oda Sekar Ayu

Penerbit: Elex Media Komputindo

Tahun terbit: 2017

Tebal buku: 314 halaman

ISBN: 978-602-02959-4

Cetakan: Cetakan ke-1

Harga: Rp. 64.800,00

B. Sinopsis

Nadhira menyayangi Dimas, namun berbeda halnya dengan Dimas. Ya, Dimas membenci Nadhira. Semesta menyayangi Nadhira dan memberinya satu permintaan untuk dikabulkan. Nadhira meminta Dimas beserta hatinya. Permintaan pun dikabulkan semesta. Kemudian hadir satu orang lagi dalam permainan ini, Biru. Biru menyayangi Nadhira, namun bisakah Nadhira menyayangi Biru?

Satu dari seribu, aku mau kamu, adalah puisi hati Nadhira untuk cinta pertamanya.

"Satu dari seribu, memang harus kamu." Adalah sepenggal puisi harapan Biru untuk masa depannya. Semesta mempermainkan Nadhira dan membuat hidupnya petjah.

C. Kelebihan

Bahasa dalam puisi ini banyak yang memiliki makna lain (majas) dan banyaknya penambahan puisi dari Biru serta Nadhira yang sarat akan makna, membuat novel ini sangat bagus untuk para penyuka puisi yang seperti itu. Alur novel tidak hanya menggunakan alur maju saja, tetapi ada juga alur mundur untuk memperkuat tokoh. Teka-teki dalam alurnya pun membuat penasaran para pembaca. Penyampaian makna "Petjah" itu sendiri tersampaikan dengan baik dari penulis kepada pembaca. Sudut pandang yang dipakai adalah sudut pandang Nadhira, sehingga pembaca bisa turut merasakan emosinya.

D. Kekurangan 

Terdapat beberapa typo dalam penulisan. Di pertengahan, Nadhira seperti bingung sendiri dan labil terhadap pilihan yang telah ia ambil dan menghiraukan Dimas, yang belajar selalu ada untuk Nadhira.

Nama: Denissea Shafa Abhinaya (08)
Kelas: XI MIPA 4



Tidak ada komentar:

Posting Komentar