Resensi Novel 5 cm.



 A. Identitas buku

Judul Novel          : 5 cm

Penulis                  : Donny Dirghantoro

Jumlah halaman : 381 halaman

Penerbit                : PT Grasindo

Tahun terbit         : 2005

ISBN                 : 9797591514


B. Sinopsis

Novel ini menceritakan tentang perjalanan 5 orang sahabat yang bernama Arial, Zafran, Riani, Ian, dan Genta. Riani, merupakan satu-satunya wanita diantara kelima sahabat itu. Lima orang sahabat ini telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun lamanya. Masing-masing memiliki karakter yang berbeda-beda.

Persahabat kelima anak muda tersebut sangat kuat. Ditambah lagi dengan adanya kisah percintaan yang turut mewarnai cerita. Mereka selalu pergi bersama-sama dan bertemu setiap saat. Ketika sedang berkumpul karena terdorong oleh rasa bosan satu sama lain mereka memutuskan untuk tidak nongkrong bareng bahkan berkomunikasi selama 3 bulan lamanya. 

Waktu berjalan begitu cepat dan selama 3 bulan berlangsung, mereka sibuk dengan kegiatan masing masing. Suatu saat mereka mendapat SMS dari Genta bahwa seminggu lagi mereka akan bertemu di stasiun pasar senen. Mereka pun akhirnya bertemu dan berkumpul bersama disana.

Kereta ekonomi mataramaja sudah tiba di stasiun Kota Malang dan mereka melanjutkan perjalanannya. Mereka memulai perjalanan menuju Mahameru pukul lima pagi dari Ranu Pane. Berbagai macam rintangan mereka hadapi untuk dapat sampai ke puncak Mahameru.

Sebuah perjalanan ke Gunung Semeru sampai puncak Mahameru mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, menguatkan satu sama lain dengan banyaknya rintangan. Segala halangan, rintangan, keajaiban-keajaiban, kebahagian, kesedihan semua terjadi dan mereka alami saat itu.


C. Kelebihan :

- terdapat banyak kata-kata inspiratif 

- menggunakan gaya bahasa kekinian

- unsur dramatisasi, cinta dan komedi disajikan dengan baik


D. Kekurangan:

- alur mudah ditebak

- konflik terlalu sederhana

- ending yang kurang bagus


Nama : Alya Fatimatussyifa

Kelas  : XI MIPA 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar