Teks Laporan Hasil Observasi tanaman Alternanthera dentata

 


Tanaman Alternanthera Dentata

      Menurut istockphoco.com, Alternanthera dentata dapat disebut juga little ruby atau ruby leaf alternanthera. Tanaman ini merupakan tanaman penutup tanah hias dalam famili Amaranthaceae. Tanaman ini berasal dari Hindia Barat dan Brazil. Alternanthera dentata juga dapat ditemukan dibeberapa daerah dengan iklim tropis yang panas dan lembap. Tanaman ini dapat berkembang biak menggunakan setek batang. Alternanthera dentata salah satu selusin sinonim dari Alternanthera brasilianan dan tampilannya serupa dengan Alternanthera bettzickianan.

     Alternanthera dentata memiliki tinggi 40 cm dan lebar 90 cm. Daunnya berwarna kemerahan hingga ungu-merah, warna daunnya akan lebih pekat di bawah cahaya yang lebih terang. Tanaman ini memiliki bentuk daun lonjong. Batang berwarna kemerahan hingga ungu. Tanaman ini dapat menghasilkan bunga soliter kecil berwarna putih berbentuk seperti pom-pom.

     Tanaman Alternanthera dentata mempunyai ekstrak zat warna betasianin yang bermanfaat sebagai pewarna makanan alami. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias di sekitar halaman. Manfaat di bidang lingkungan, tanaman ini dapat meningkatkan kebersihan udara dan mampu menyerap air. Selain itu, tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk menggempurkan tanah. Terakhir,  dalam bidang lingkungan ada juga manfaat dalam bidang ekonomi yaitu dapat menjadikan peluang usaha bagi seseorang.

 

Nama : Arista Elvaretta Putri

Kelas : XE

No.Presensi : 02


Tidak ada komentar:

Posting Komentar