Teks LHO Pohon Pisang

 

Pohon Pisang

   Pohon pisang ini salah satu tumbuhan yang tumbuh di lingkungan SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Pohon pisang adalah tumbuhan berbentuk terna raksasa dengan barang semu yang permukaannya terlihat bekas pelepah daun. Tumbuhan ini berkembang biak dengan tunas dibagian akarnya. Pisang adalah nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Pohon pisang bisa tumbuh di atas hampir semua jenis tanah.

   Pohon ini memiliki ukuran yang relatif besar atau raksasa yang berdaun besar. Tinggi pohon ini dapat mencapai 3 meter. Siklus hidup pohon pisang mencapai 4-6 tahun. Umumnya, tumbuhan ini akan berbuah saat berumur satu tahun. Pohon ini dapat tumbuh dengan baik mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut. 

   Menurut Liputan 6, selain buahnya, bagian lain dari pohon pisang juga dapat dijadikan bahan makanan. Jantung pisang dapat diolah menjadi sayur yang lezat. Batang pisang juga dapat mendetoks sistem pencernaan. Daun dan pelepah pisang dapat digunakan industri kerajinan tangan. Kulit pisang yang kaya serat bisa membantu mengatur sistem pencernaan, meredakan sembelit, dan diare. Seperti akar pada umumnya, akar pohon pisang juga berperan sebagai alat penyerap dan zat hara dari tanah.

- Salwa Haura' T.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar