Teks Laporan Hasil Observasi Kangkungg

 

Menurut Wikipedia, kangkung atau ipomea aquatica adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayuran yang ditanam sebagai makanan. Kangkung memiliki 2 jenis, kangkung darat dan kangkung air. Kangkung banyak di jual di pasar-pasar. Kangkung tidak diketahui berasal dari daerah mana, tetapi banyak tumbuh di kawasan Asia. Kangkung biasanya lebih sering ditanam di air, tetapi ada juga kangkung yang ditanam di tanah.

Di SMAIT, kangkung ditanam di atas ember yang di dalamnya terdapat air dan lele. Kangkung umumnya siap dipanen setelah berumur 4 minggu atau sebulan. Kangkung biasanya memiliki batang dan daun berwarna hijau, tetapi jika kangkung tersebut tidak cukup menerima sinar matahari maka ada kemungkinan daun kangkung akan berubah menjadi warna kuning. Kangkung darat dan kangkung air keduanya memiliki batang yang berongga tetapi dengan bentuk daun yang berbeda, daun kangkung darat cenderung sempit, sedangkan daun kangkung air lebih lebar dan berbentuk panah. Kangkung merupakan tanaman berbunga dengan warna putih.

Kangkung mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, selain itu, kangkung juga mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kangkung juga biasanya sering dikonsumsi oleh penderita hipertensi, karena kangkung memiliki kandungan kalium yang bisa digunakan untuk mengatur dan menurunkan tekanan darah. Selain bermanfaat bagi manusia, kangkung juga bermanfaat bagi hewan. Contohnya adalah lele yang berada di ember taman SMAIT. Lele tersebut mendapatkan sumber makanan dari kangkung yang berada di atasnya.


Fatimah Nabila Azzahra Retdianto XE (6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar