Teks Laporan Hasil Observasi Bunga Terompet Emas

Alamanda atau yang sering dikenal sebagai bunga terompet emas merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dijumpai disekitar kita. Menurut Wikipedia, bunga yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan juga Selatan ini memiliki nama ilmiah yaitu Allamanda cathartica. Selain banyak di jumpai di daerah Amerika Tengah dan Selatan, bunga ini juga banyak di jumpai di negara Brasil. Umumnya, bunga ini sering digunakan sebagai hiasan karna bentuknya yang cenderung indah.

Pada umumnya, bunga terompet ini sering di temukan berwarna putih. Bunga ini memiliki tinggi dapat mencapai 6 m, berkayu, berbuku-buku, bercabang, dan bergetah. Ciri lainnya, bunga ini memiliki daun tunggal, bertangkai pendek, serta l
etak daun berkarang berbilangan 3-4, atau berhadapan. Helaian daun tersebut berbentuk jorong, ujungnya runcing, pangkal menyempit, tepi rata dengan permukaannya mengilap, berwarna  hijau tua, dan memiliki panjang 10-20 cm dengan lebar 2-6 cm. (Dalimartha, 2008:1)

Getah dari bunga ini bersifat antibakteri. Getah ini memiliki sifat antibiotik terhadap bakteri staphylococcus. Bunga pada tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah komplikasi, daun nya memiliki rasa pahit, pedas, bersifat hangat, serta memiliki sifat beracun. menyebabkan pencahar (laksatif), dan menjadi penyebab muntah (emetik). Bunga ini memiliki kandungan kimia berupa Triterpenoid resin, dan allamandin. Umumnya, bunga ini dipakai pada saat demam, dan sembelit. Meskipun bunga ini termasuk tanaman hias, bunga ini juga termasuk bunga obat-obatan yang mudah dijumpai disekitar kita. (Dalimartha, 2008:2)

Nama : Rachel Putri Safira Justicia B.T

Kelas : XE

Absen : 22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar