Teks Laporan Hasil Observasi Perpustakaan Al Izhdihar


Perpustakaan Al Izhdihar adalah perpustakaan yang terletak di sebelah timur dari sekolah SMP Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto. Perpustakaan ini dipergunakan sebagai tempat mencari berbagai informasi. Seperti perpustakaan pada umumnya perpustakaan ini terdapat banyak buku, majalah, kamus dan lainnya yang sudah dikumpulkan dan disusun berdasarkan sistem tertentu atau keperluan pembaca. Perpustakaan ini tidak hanya dapat dipergunakan oleh siswa-siswi SMP Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto tetapi dapat dipergunakan pula oleh siswa-siswi SMA IT Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto setelah mendapat izin dari pustakawan.

Perpustakaan Al Izhdihar memiliki jam operasional hingga pukul 15.30 pada Hari Senin sampai Jumat. Saat kalian memasuki perpustakaan Al Izhdihar kalian akan disambut dengan meja resepsionis dan juga anggota Pustakawan. Kalian juga dapat melihat beberapa bingkai foto di dinding yang berisikan kata-kata motivasi, disana juga terdapat hiasan beupa vas bunga dan tanaman sintetis. Disana kalian juga dapat membaca buku di tiga buah meja lingkaran yang sudah diberi alas karpet rumput sintetis perpustakaan ini sudah difasilitasi dengan empat buah AC dan Wi-fi. Di perpustakaan ini juga terdapat dua buah globe serta empat buah karya lukisan milik siswa dan siswi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang berada di atas rak, bagian pojok kiri perpustakaan. Perpustakaan ini juga terdapat sebelas rak buku yang berisikan sembilan macam jenis buku yang sudah disusun rapih. Tujuan mengklasifikasikan buku-buku tersebut adalah untuk mempermudah pencarian dan penempatan Kembali buku-buku dalam raknya ( Prastowo 2018 : 245 ).

Terdapat sembilan jenis buku. Yang pertama adalah buku pelajaran, seperti buku Erlangga, Bupena, dan lain-lain. Yang kedua yaitu buku karya warga SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang ditulis oleh guru, Pustakawan Remaja, serta siswa-siswi dari SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Buku lainnya yaitu kamus, atlas, self improvement, agama, biografi, pengetahuan umum, dan juga fiksi. Kalian juga dapat meminjam Al-Quran jika ingin tadarus atau murojaah di Perpustakaan.

Selain sebagai tempat untuk mencari informasi perpustakaan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat ideal untuk belajar serta dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan umum. Kalian juga dapat mencari inspirasi dari buku yang kalian baca disana. Kalian juga dapat mengikuti kegiatan bedah buku atau bazar buku yang biasa diadakan oleh Pustakawan Remaja. Disana kalian juga dapat belajar bersama atau mengerjakan tugas bersama. Kalian juga bisa meminjam buku yang kalian baca dengan batas waktu tertentu.


Nama : Ghani Luthfi Adi Pranoto

Kelas : XD

Presensi : 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar