Teks Laporan Hasil Observasi Perpustakaan Bahrul Ulum

 




PERPUSTAKAAN AL IRSYAD BAHRUL ULUM


Perpustakaan Bahrul Ulum merupakan sebuah perpustakaan yang terletak di SMAIT AL IRSYAD AL Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan Bahrul Ulum adalah ruangan yang digunakan untuk menyimpan berbagai buku. Selain itu Perpustakaan juga sebagai tempat bagi siswa dan siswi SMAIT AL IRSYAD untuk membaca buku dan bacaan lainnya. Perpustakaan Bahrul Ulum ini terletak di bagian gedung putra di lantai 1, tepatnya di sebelah kanan kelas 12 MIPA 2. Di Perpustakaan Bahrul Ulum ini siswa dan siswi SMAIT dapat membaca atau mencari referensi dari buku yang mereka pilih tanpa harus membayar buku yang mereka pinjam. Mereka akan diberi waktu 1 minggu untuk dipinjamkan buku yang ingin mereka baca.


Di dalam Perpustakaan ini terdapat banyak tempat duduk. Diantaranya ada meja yang berukuran besar dan berwarna putih yang bisa ditempati sekitar 6-8 orang. Ada juga yang berukuran kecil dan berwarna coklat yang cukup untuk ditempati 3-4 orang. Selain meja dan kursi terdapat juga beberapa lampu dan AC yang terpasang di Perpustakaan ini. AC dan lampu yang terpasang membuat Perpustakaan di SMAIT AL IRSYAD ini semakin nyaman dipakai untuk membaca dan para siswa siswi akan mendapat penerangan yang cukup ketika membaca.


Di Perpustakaan ini juga terdapat banyak rak rak buku untuk menyimpan buku buku secara rapi sesuai dengan jenisnya masing masing. Tujuannya agar para siswa dan siswi dapat mencari buku yang mereka inginkan tanpa harus kebingungan. Di bagian rak rak buku ada yang berisikan buku buku pelajaran dan ada juga yang berisikan buku-buku cerita seperti novel maupun cerpen. Selain rak-rak buku di sana juga terdapat rak yang digunakan untuk menyimpan dan memajang hasil hasil karya-karya para siswa dan siswi SMAIT salah satu hasil dari karya siswa siswi SMAIT adalah Miniatur Rumah dari stik kayu.


Perpustakaan Bahrul Ulum ini memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan baik para siswa siswi maupun ustadz ustadzah, diantaranya sebagai sumber ilmu pengetahuan. Dengan adanya perpustakaan dapat membantu menambah ilmu dan wawasan. Perpustakaan juga dapat menjadi tempat bagi siswa dan siswi untuk mengembangkan kemampuan menggunakan informasi, dan bagi guru dapat membantu dalam mengajar dan menambah pengetahuan. Selain itu Perpustakaan juga dapat menambah pola pikir siswa dan siswi, tempat yang sejuk dan sunyi seperti perpustakaan ini dapat menumbuhkan ide-ide kreatif dan menjadi pola pikir yang terbuka dan mampu menjadikan motivasi kreatifitas. Tidak hanya itu saja, perpustakaan juga dapat menjadi tempat bagi siswa dan siswi membantu menambah kosa kata dalam berbahasa. Dengan adanya perpustakaan para siswa dan siswi dapat menambah kosa kata yang baik dan benar secara ilmiah dan non ilmiah.


Nama: Aisyah Khalilah Fati

Kelas: XF

Absen: 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar