Cara Menjaga Performa Smartphone

 


        Hai pembaca yang budiman! Kali ini kita akan berbicaran tentang smartphone. Siapa sih yang tidak tahu smartphone?  Smartphone kini menjadi sebuah kebutuhan utama bagi kita semua. Nah, rasanya bagi kita yang merupakan anak zaman sekarang, performa smartphone adalah inti utama dari penggunaan smartphone. Jika performa smartphone lambat, kita sering merasa gelisah dan risih. Ada beberapa faktor alasan mengapa smartphone mengalami penurunan performa. Hal ini ditentukan dengan penurunan fungsi CPU, memori, dan hal-hal yang sederhana yang tidak kita sadari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan memperbaiki performa smartphone. Berikut adalah cara-cara agar performa smartphone kita terjaga.
1.     Hindari pengunduhan aplikasi yang tidak terpakai atau terlalu banyak.
Pastinya kita sering mengunduh banyak aplikasi untuk eksis di dunia maya, tapi tanpa kita sadari hal ini membuat kinerja smartphone menurun. Pengunduhan aplikasi yang terlalu banyak akan menjadi beban bagi smartphone Anda, khususnya pada ruang penyimpanan.seperti yang kita ketahui semakin sedikit ruang penyimpanan maka  Hal ini akan membuat sistem smartphone melambat. Oleh karena itu, kita harus menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan sudah tidak terpakai lagi.
2.     Hindari penggunaan wallpaper bergerak/beranimasi.
Wallpaper yang unik dan bagus kadang menjadi pandangan kita untuk merasakan kenyamanan dalam penggunaan smartphone. Salah satu pilihannya adalah penggunaan wallpaper bergerak. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa, penggunaan wallpaper animasi akan membuat sistem bergerak terus menerus meski tidak menjalankan aplikasi apapun. Hal ini menyebabkan CPU mengalami penurunan kualitas dan kinerja sehingga membuat smartphone melambat.
3.     Cache dan berkas sampah ikut berperan dalam penurunan performa smartphone.
Kedua hal ini merupakan masalah utama yang paling sering didapati dalam penurunan performa smartphone. Cache dan berkas sampah sangat mudah menumpuk dalam waktu singkat membuat memori sesak dan kinerja menurun. Kedua hal ini juga sangat susah untuk ditemukan di permukaan smartphone. Harus
menyelam ke dalam smartphone untuk menemukannya. Saran kami, lakukan pembersihan sekali dalam jangka tiga hari secara rutin untuk menyelesaikan masalah ini. Kalian juga bisa mengunduh aplikasi pembersih sampah untuk melakukan pembersihan dengan mudah.
4.     Iklan yang menumpuk juga memperlambat smartphone secara tidak langsung
Internet adalah tempat dimana kita mengekspresikan diri kita atau malah bahkan sudah menjadi kehidupan kedua bagi kita. Berselancar di internet pastinya sudah menjadi hal pokok bagi kita. Tentunya kita sudah tak asing dengan iklan-iklan yang ‘menghiasi ‘ laman internet kita.Tanpa kita sadari, iklan-iklan ini membuat kinerja smartphone melambat. Nyalakan ads-block untuk mencegah iklan yang berdatangan. Dengan ini, kinerja smartphone akan terjaga dan kegiatan berinternet akan lancar.
5.      Lakukan pengecekan rutin pada smartphone anda setiap 3 bulan sekali
Seperti yang disebutkan dalam poin nomor 5, sebuah virus penghambat atau pun berkas sampah harus selalu dipantau atau dicek. Pengecekan adalah hal terpenting  yang  dilakukan agar kita mengetahui  ada atau tidaknya kerusakan yang ada pada handphone kita. Hal ini dapat kita lakukan secara rutin setidaknya 3-4 bulan sekali. Dengan melakukan pengecekan ini, kita dapat mengetahui performa handphone anda. Walaupun sebenarnya smartphone anda terlihat baik-baik saja, bukan berarti hal itu menutup kemungkinan bahwa smartphone anda sebenarnya perlu perawatan.maka dari itu jangan ragu-ragu untuk mengecek smartphone Anda ke counter service terdekat .

6.      Hindari penggunaan smartphone ketika dalam keadaan sedang di charge
Kadang saat kita sering tak peduli soal hal ini, menggunakan smartphone sambil di charge. Sudah menjadi kebiasan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone, tapi tahukah Anda? Sebenarnya hal itu justru merupakan langkah-langkah yang berlawanan dengan menjaga performa handphone anda karena dapat menyebabkan smartphone anda mengalami over heat. Hal ini dapat mengacu pada penurunan kualitas baterai dalam smartphone anda. Penurunan  kualitas baterai ini juga membuat penurunan performa smartphone.

Yah, mungkin sekian dari kami, semoga 6 tips singkat di atas dapat membantu anda sepenuhnya. Sebagai sesama pengguna smartphone, kami merasakan hal yang sama. Akhirnya kami tulislah tips-tips ini sekadar untuk berbagi ilmu kepada anda semua. Sekali lagi, sekian dari kami, semoga bermanfaat!

1 komentar:

  1. Elhaj
    Tasqif
    Nabil
    Firhan
    Terima kasih sudah mengerjakan tugas dengan baik.

    BalasHapus