KRIMINALITAS

Polri Sebut Angka Kriminalitas Meningkat Jelang New Normal | merdeka.com

   Kriminalitas merupakan sebuah tindakan yang berkaitan dengan pelanggaran terhadap hukum. Maraknya tindakan kriminalitas yang terjadi disekitar kita menunjukkan bahwa situasi keamanan saat ini sedang tidak begitu kondusif. Sebab, peningkatan angka kriminalitas menunjukkan fakta bahwa saat ini tidak banyak orang yang takut akan dihukum atau sekedar masuk penjara. Tentunya ini menjadi sebuah sinyal bahwa terjadi perubahan budaya dan pola fikir masyarakat. Sebab, jika kita berbalik ke 10 tahun yang lalu atau 5 tahun yang lalu, maka angka kriminalitas jauh dibawah persentase saat ini.

   Ada beragam faktor yang dapat memicu terjadinya tindak kriminalitas. Salah satunya adalah faktor kemiskinan. Kemiskinan yang diderita seseorang atau sekelompok memicu pihak tersebut untuk mencari cara yang paling cepat, meski tidak diperbolehkan oleh norma dan hukum, untuk memperoleh kekayaan. Jalan pintas pun ditempuh untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, ada juga kriminalitas yang dilakukan sebagai bentuk aktualisasi diri, menyatakan eksistensi diri mereka pada masyarakat. Ada juga kriminalitas yang terjadi akibat paham radikalisme, berupaya menyebarkan teror di tengah masyarakat. Ada pula tindak kriminalitas yang terjadi karena tekanan yang diperoleh masyarakat. Selain ini, ada juga sangat banyak faktor yang dapat memicu terjadinya tindak pidana kriminal.

   Luasnya aspek tersebutlah yang harus membuat kita mengubah cara kita berpikir tentang kriminalitas. Kriminalitas tidak dapat dientaskan jika kita hanya bergantung pada pemerintah dan aparat keamanan. Tanpa disadari, kita, cara pikir kita, dan tindakan kita saat ini, di masa lalu, dan di masa depan juga berpeluang menciptakan faktor pendorong terjadinya kriminalitas. Oleh karena itu, kita pun perlu bekerja bersama-sama, seluruh elemen bangsa dan negara untuk mencegah dan menanggulangi kriminalitas.

   Semua masalah pasti selalu ada cara untuk memperbaikinya. Sama halnya dengan masalah lain , kriminalitas juga dapat diselesaikan. Cara mengatasi kriminalitas dapat dimulai dari mengubah pola pikir masyarakat. Pola pikir masyarakat dapat diubah dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat tertentu yang diperkirakan akan melakukan suatu kriminalitas.jika cara tersebut tidak efektif maka cara selanjutnya adalah menganalisis faktor apa yang menjadi penyebab terjadinya kriminalitas. Jika kriminalitas disebabkan oleh kemiskinan mungkin pemerintah bisa membuka lebih banyak lapangan kerja agar presentasi kriminalitas bisa berkurang. Cara lainnya adalah dengan mempertegas hukum yang ada di pemerintah. Dengan semakin beratnya hukuman bagi pelaku , maka para pelaku kriminalitas akan semakin takut untuk melakukannya.

Nah itulah pengertian penyebab dan bagaimna cara mengatasi kriminalitas , Syukron….

Nama : Kelana Putra Firly ( 19 )

Kelas : XI MIPA 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar