Resensi Cerpen Kakek Bertubuh Cerpen

 


Identitas cerpen

Judul cerpen : Kakek Bertubuh Cerpen

Penulis : Mahfuzh Amin

Penerbit : Banjarmasin post

Tahun terbit : 2018

Sinopsis cerpen

Cerpen ini menceritakan seorang kakek yang bekerja sebagai penulis cerpen, ia tinggal dengan seorang remaja yang berusia tiga belas tahun. Karena cerita kakek tentang cerpen, remaja tersebut menjuluki sang kakek sebagai kakek bertubuh cerpen. Hingga di suatu pagi sang kakek terlihat lemas dan dengan suara paraunya ia meminta sang remaja menemui seseorang yang nama dan alamatnya sudah kakek itu tulis, remaja tersebut sempat berpikir mungkin ini adalah alamat dokter, tapi itu adalah alamat seorang lelaki paruh baya.

 Lantas remaja tersebut membawa sang lelaki paruh baya tersebut ke rumah kakek, sesaat setelah sampai ternyata sang kakek sudah lemah tak bernyawa. Lelaki paruh baya tersebut kemudian mengurus segala keperluan pemakaman sang kakek.

Proses pemakaman telah usai, lelaki paruh baya tersebut ternyata adalah adik dari sang kakek, beliau memberi tahu bahwa kakek tersebut mewariskan semua cerpennya kepada remaja itu. Disaat remaja tersebut sedang membereskan cerpennya, datang seseorang yang ingin membeli cerpen tersebut dengan harga tinggi tetapi remaja itu menolak, ia akan menyimpan cerpen tersebut agar abadi bersama sang kakek.

 

 Keunggulan cerpen

Cerpen tersebut mengandung makna yang dalam bahwa tidak perlu dikenal orang lain hanya agar menjadi terkenal dan kaya. Kakek tersebut tidak mengeluh secara langsung, tetapi ia menuangkan keluhannya menjadi karya yang bermanfaat untuk orang lain.

 

Kelemahan cerpen

Cerita ini sangat bagus tetapi penulisannya sedikit membuat pembaca bingung, karena perjalanan alurnya yang sedikit berantakan dan ada bagian kalimat langsung yang seharusnya dapat memperjelas kalimat selanjutnya, tetapi tidak ditampilkan.

 

Rekomendasi

Cerpen ini dapat menjadi salah satu list cerpen yang wajib kalian baca di saat senggang dan dapat menginspirasi kalian untuk bisa berkarya seperti sang kakek.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar