Gerhana Bulan


   Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang sering kita jumpai. Peristiwa alamini terjadi ketika bulan beroposisi dengan matahari. Tetapi oposisi bulan dengan matahari tidakselalu menghasilkan peristiwa gerhana bulan. 

    Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini disebabkan oleh kemiringan bidang orbit bulan terhadapbidang ekliptika. Akan terjadi perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, yang kemudian akan menyebabkan munculnya dua titik yang juga dikenal dengan istilahnode. Pada titik node inilah terjadi fenomena gerhana bulan. Dibutuhkan sekitar 29,53 hari sampai bulan bergerak dari satu titik ke titik oposisi lainnya. 

    Faktanya, terkadang penampakan bulan masih dapat terlihat ketika terjadi fenomena gerhanabulan. Hal ini disebabkan karena berbeloknya sinar matahari yang masih tersisa menujuarahbulan yang disebabkan oleh atmosfer bumi. 

    Sinar matahari yang dibelokkan tersebut memiliki spektrum cahaya kemerahan. Inilah alasannya mengapa saat peristiwa gerhana bulan, tampilan bulan akan terlihat lebih gelapdari yang biasanya berwarna merah gelap, jingga atau bahkan coklat. 

    Kalian dapat mengamati gerhana bulan dengan mata telanjang tanpa adanya bahaya sedikit pun. Seluruh Umat Islam yang melihat dan mengamati peristiwa gerhana tersebut disunnahkanuntuk melakukan salat gerhana (salat khusuf) pada saat terjadi gerhana bulan. 

    Ketika bayangan bumi menutupi sebagian atau seluruh penampang bulan, maka pada saat itulahakan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi menempati posisi di antara matahari danbulan yang berada pada satu garis lurus yang sama. Hal ini membuat sinar matahari tidakdapat mencapai bulan karena dihalangi oleh posisi bumi saat itu. 

    Demikianlah contoh teks eksplanasi tentang gerhana bulan.Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.


Oleh : Hana Aliifa Nabila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar