Meningkatnya Kasus Bunuh Diri di Kalangan Remaja

Hal yang Harus Dilakukan Saat Pikiran Bunuh Diri Muncul Halaman all -  Kompas.com  

 Bunuh diri adalah tindakan seseorang yang melukai diri sendiri untuk mengakhiri hidupnya. Angka bunuh diri di kalangan remaja di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Meski tidak ada data nasional yang spesifik untuk kasus bunuh diri, tetapi angka ini kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Tinggi angka bunuh diri di kalangan remaja ini tentu sangat memperhatinkan. Para remaja sebagai pondasi negara sangat penting untuk masa depan negara, maka berkurangnya peran remaja pasti akan membuat negara tidak stabil. 



    Bunuh diri berkaitan erat dengan gangguan kesehatan mental. Adapun contoh gangguan kesehatan mental yang sering menjadi pemicu bunuh diri adalah depresi, bipolar dan gangguan mental lainnya. Penyakit kesehatan mental tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Adapun tanda-tanda seseorang ingin bunuh diri adalah sering memikirkan tentang kematian, mencoba untuk menyakiti diri sendiri, menarik diri dari orang sekitar dan lainnya. 



    Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda bunuh diri agar penanganan dapat segera dilakukan. Jika mengalami tanda-tanda tersebut jangan takut untuk pergi ke psikolog agar mendapatkan penanganan yang tepat. Karena hidup berharga, setidaknya hiduplah untuk hal kecil yang kita punya meski sering dianggap sepele oleh orang lain.

 

Oleh : Dwinita Riska Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar