Gunung Meletus

 Gunung Meletus



Gunung meletus adalah peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Peristiwa ini berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi. Magma sendiri merupakan cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu sangat tinggi, mencapai lebih dari 1.000 derajat celcius.

Peristiwa gunung meletus terjadi ketika magma bergerak di perut bumi tepatnya di bawah gunung berapi, aktivitas ini memicu gempa bumi secara berkala dengan intensitas dan kekuatan yang semakin meningkat. Proses gunung meletus selanjutnya ialah keluarnya abu dan uap air melewati lubang atau celah di gunung yang telah terbuka. Kemudian, tahap yang terakhir dari erupsi gunung berapi yakni pembentukan kubah lava atau disebut sebagai lava dome. Lalu, ketika gunung api menjadi lebih aktif, terjadilah serangkaian proses penumpukan kubah yang kemudian runtuh, dan menyebabkan letusan kuat.

Jadi, gunung meletus adalah bencana alam yang patut diwaspadai. Jika tinggal di kawasan yang terdapat gunung berapi aktif, kita harus waspada dan mengetahui tentang mitigasi bencana supaya saat terjadi letusan kita tahu apa yang harus dilakukan.


Nama: Putu Nadiva Widiarahma Putri

Kelas: XI MIPA 5

Absen: 24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar