Kebakaran Hutan

 Kebakaran Hutan

        Kebakaran hutan, kebakaran liar, atau kebakaran pedesaan adalah api yang tidak terkendali di daerah memiliki vegetasi yang mudah terbakar dan terjadi di daerah pedesaan. Peristiwa kebakaran hutan merupakan salah satu peristiwa yang mana terdapat intensitas api berskala besar yang membumi hanguskan lingkungan hutan keseluruhan atau sebagian. Kebakaran hutan dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbulkan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan politik. Kejadian ini berulang setiap tahun yang pada umumnya terjadi pada musim kemarau, baik di dalam kawasan hutan yang menjadi kewenangan pemerintah maupun pada lahan-lahan milik masyarakat, namun demikian kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab kita bersama.

Kebakaran hutan bisa terjadi karena peristiwa alam maupun manusia. Kebakaran hutan yang terjadi karena faktor alam biasanya disebabkan oleh peristiwa kekeringan yang berkepanjangan lantas memunculkan percikan api. Dari percikan api inilah nanti menjadikan kebakaran hutan terjadi, sedangkan sebab lainnya adalah karena ulah manusia yang disengaja. Ulah ini bisa karena lalai atau memang ada tujuan. Kebakaran hutan yang tak terkendali dapat menyebabkan hilangnya habitat makhluk hidup. Kebakaran hutan dapat menghanguskan vegetasi dan berbagai tempat bersarang hewan, membuat hewan dan tumbuhan kehilangan habitatnya.

Oleh karena itu, baik itu disebabkan oleh peristiwa alam maupun ulah kesengajaan manusia, tetap saja kesehatan hutan harus dijaga dengan baik. Untuk mencegah timbulnya kebakaran karena alam, bisa diupayakan dengan mengelola alam sekitar agar tidak terjadi kemarau berkepanjangan.


Nama: Aisha Rahma Nadhifa

Kelas: XI MIPA 5

No. Absen: 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar